Peningkatan Minat Dan Kemampuan Mengulas Karya Fiksi Melalui Aplikasi Fizzo Novel Sebagai Media Pembelajaran Siswa Kelas VIII Di SMPN 5 Kepanjen
Abstract
Pembelajaran berbasis teknologi yang saat ini berkembang pesat, dimungkinkan oleh adanya
pendidikan abad 21. Dahulu peserta didik melakukan ujian konvensional menggunakan kertas,
sedangkan penilaian kontemporer bisa memanfaatkan teknologi. Dengan demikian di era masa kini
penggunaan media pembelajan berbasis teknologi memang sangat dibutuhkan, yang mana dapat
menarik keingintahuan peserta didik, membuat mereka penasaran dan akhirnya mengikuti
pembelajaran dengan baik.Akan tetapi dengan perkembangan teknologi yang pesat ada suatu dampak
yang negatif pada diri seorang siswa, salah satu yang menjadi sorotan saat ini yaitu rendahnya minat
baca peserta didik. Apabila mereka dihadapkan dengan sebuah buku, dalam artian harus membaca
dalam bentuk buku berlembar- lembar, akan banyak keluhan yang akan berimbas pada proses KBM.
Pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII di SMP Negeri 5 kepanjen dengan menerapkan kurikulum
merdeka terdapat pembelajaran mengulas karya fiksi, berupa cerpen / Novel. Dari semua permasalah
yang muncul dalam kegiatan pembelajaran, guru memilih menggunakan metode media pembelajaran
berbasis teknologi berupa aplikasi yaitu Fizzo novel, yang digunakan sebagai media membaca novel
untuk peserta didik.
Dengan ketertarikan mereka pada gadget yang telah menemani kegiatan sehar-hari dalam
kehidupan, penggunaan media pembelajaran aplikasi fizzo novel ini, diharapkan dapat menarik minat
peserta didik dalam kegiatan belajar terutama membaca, sehingga kemampuan mereka dalam belajar
juga meningkat. Fokus masalah dalam penelitian ini mengenai aspek Peningkatan Minat dan
Kemampuan Mengulas Karya Fiksi Melalui Aplikasi Fizzo Novel Sebagai Media Pembelajaran Siswa
Kelas VIII Di SMPN 5 Kepanjen. Aspek Meliputi 1) Bagaimana peningkatan minat siswa dalam
pembelajaran mengulas karya fiksi melalui aplikasi Fizzo Novedan 2) Bagaimana peningkatan
kemampuan siswa dalam pembelajaran mengulas karya fiksi melalui aplikasi Fizzo Novel. Latar
penelitian di SMP Negeri 5 Kepanjen Kabupaten Malang. Adapun subjek penelitian pada Siswa Kelas
VIII dengan laksanakan mulai bulan April sampai mei tahun 2024.
Metode yang digunakan yaitu kualitatif dengan menggunakan jenis Penelitian Tindak Kelas (PTK).
Langkah-langkah yang dilakukan dalam terkait dengan pengumpulan data dan analisisnya adalah
sebagai berikut: 1) menentukan cara pengumpulan data, 2) mempersipakan instrumen atau borang yang
diperlukan, 3) mengumpulkan data secara sistematik, 4) memeriksa dan menganalisis data yang telah
dikumpulkan. Pelaksanaan penelitian ini, menggunakan Kemmis dan Mc Taggart. Langkah-langkah
yang dilakukan adalah 1)Perencanaan (Plan), 2) tindakan (Acting), 3)Pengamatan (observing), Releksi
(reflecting), dan seterusnnya.
Hasil dalam penelitian ini berdasarkan pada hasil siklus I dan siklus II, bahwa penerapan media
pembelajaran aplikasi fizzo novel dalam peningkatan minat dalam mengulas karya fiksi dapat
meningkatkan hasil minat dan kemampuan peserta didik di SMP N 5 Kepanjen Malang yang
ditunjukan pada siklus I diperoleh rata-rata nilai kognitif sebesar 76,5 % sedangkan nilai rata-rata asikal sejumlah 93,3 %. Sedangkan pada siklus II peserta didik mempunyai nlai kognitif sebesar 97,3
% dan nilai klasikal sejumlah 100 %. Peningkatan yang diperolehnlai kognitif sebesar -20,8 %.
Sedangkan nilai klasikal sebesar 6,7 %.
Kesimpulan dalam penelitian yang dilakukan yaitu penerapan media pembelajaran dengan
menggunakan aplikasi fizzo novel dalam peningkatan minat dan kemampuan mengulas karya fiksi,
mendapatkan hasil yang memuaskan karena dapat meningkatkan hasil minat dan kemampuan peserta
didik di SMP N 5 Kepanjen. Fizzo Novel dapat dijadikan reverensi dalam penggunaan metode media
pembelajaran berbasis teknologi, pada abad 21 ini.