dc.description.abstract | Strategi Guru pembelajaran PAI interaktif merupakan suatu media pembelajaran yang dapat mengelola pesan dan respon siswa sehingga media tersebut dapat bersifat dua arah. Penggunaan aplikasi zoom ini adalah salah satu media pembelajaran interaktif berbasis online yang dapat dijadikan sebagai evaluasi pembelajaran berupa kuis/pertanyaan interaktif yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas maupun di luar kelas. Aplikasi zoom, google meet merupakan media alternatif yang digunakan guru PAI di SMA Islam Al Ma’arif Singosari pada saat kegiatan belajar mengajar dilaksanakan guna untuk meminimalisir proses pembelajaran daring yang terkesan nya.
Berdasarkan konteks penelitian maka peneliti merumuskan fokus penelitian, yaitu tentang: (1) Bagaimana perencanaan penggunaan media aplikasi zoom, google meet pada matapelajaran PAI di SMA Islam Al Ma’arif Singosari? (2) Bagaimana implementasi penggunaan media aplikasi zoom, google meet pada matapelajaran PAI di SMA Islam Al Ma’arif Singosari? (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan media aplikasi zoom, google meet pada matapelajaran PAI di SMA Islam Al Ma’arif Singosari.
Adapun tujuan dari penelitian ini yatu: (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan penggunaan media pembelajaran PAI pada matapelajaran PAI di SMA Islam Al Ma’arif Singosari. (2) Untuk mendeskripsikan implementasi penggunaan media interaktif Pembelajaran pada matapelajaran PAI di SMA Islam Al Ma’arif Singosari. (3) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan media aplikasi zoom, google meet pada matapelajaran PAI di SMA Islam Al Ma’arif Singosari.
Dalam penelitian menggunakan pendekatan kualitatif yaitu berlandaskan atas fenomenologi dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus di SMA Islam Al Ma’arif Singosari, maka dari itu penelitian ini diharapkan mampu mengungkapkan berbagai informasi yang terjadi di lapangan yang didukung dengan data-data yang telah diperoleh. Sehingga peneliti dapat menganalisis dan kemudian dapat disimpulkan sebagai hasil akhir dari penelitian. Kehadiran peneliti di lokasi penelitian memiliki pengaruh penting untuk memperoleh suatu informasi atau data dengan sedetail mungkin. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang dijadikan rujukan untuk pengambilan data dalam penelitian ini. Untuk mendapatkan data yang dapat dipertanggungjawabkan maka teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Analisis dalam penelitian ini dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan sehingga peneliti lebih mudah untuk menemukan hasil dari penelitian ini. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan perpanjangan pengamatan, triangulasi, dan diskusi teman sejawat.
Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti dapat mengambil kesimpulan tentang perencanaan pembelajaran guru PAI di SMA Islam Al Ma’arif Singosari, sebagai berikut: (1) Perencanaan penggunaan media pembelajaran nya Pada Mata pelajaran PAI di SMA Islam Al Ma’arif Singosari yaitu sebelum pembelajaran dilaksanakan, seorang guru mempersiapkan perencanaan pembelajaran dengan membuat RPP satu lembar sesuai dengan kebijkan pemerintah. Di dalam RPP telah direncanakan dan dipersiapkan mengenai materi yang akan diajarkan, strategi dan metode yang akan diterapkan, sumber pembelajaran yang akan dipakai media pembelajaran yang akan digunakan. (2) Adapun implementasi pembelajaran dengan menggunakan aplikasi zoom, google meet pada matapelajaran PAI di SMA Islam Al Ma’arif Singosari pembelajaran dilaksanakan dilakukan melalui tiga tahapan yaitu kegiatan pendahuluan, inti pembelajaran, dan kegiatan penutup. Dari temuan penelitian proses pembelajaran menggunakan media Pemebelajaran ini berjalan cukup baik. Banyak siswa yang tertarik dengan tampilan kuis/ Pertanyaan yang bervariatif sehingga motivasi belajarnya meningkat.
Adapun evaluasi yang dilakukan terkait pelaksanaan penggunaan media pembelajaran terletak pada kesiapan guru dan siswa. Masih terdapat beberapa siswa yang telat bergabung dalam pembelajaran. Evaluasi pembelajaran diharapkan dapat mendorong guru dan siswa untuk memaksimalkan proses pembelajaran. Berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti terkait dengan faktor pendukung dan penghambat penggunaan media pembelajaran PAI pada matapelajaran PAI di SMA Islam Al Ma’arif Singosari yaitu tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung seperti lab komputer serta jaringan wifi dan penggunaan aplikasi zoom, google meet tanpa harus mendownlod terlebih dahulu sehingga tidak memerlukan ruang penyimpanan yang besar. Adapun untuk faktor penghambat dari segi guru masih kurangnya pengetahuan tentang teknologi serta kemampuan guru dalam mengoperasikan nya, selain itu ada beberapa siswa yang sama sekali tidak memiliki gadget sehingga guru melakukan proses pembelajaran secara Interaktif.
Kata Kunci: Strategi Guru, Meningkatkan/Pendidikan, Pembelajaran PAI | en_US |