dc.description.abstract | Terdapat beberapa indikasi bahwa pemahaman materi PAI masih kurang pada sebagian peserta didik di MTS Muallimin NU Kota Malang, dan ada juga yang belum sepenuhnya fokus selama proses pembelajaran. Selain itu, keoptimalan belajar peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam juga masih belum tercapai karena kurang diminati oleh remaja. Penggunaan metode yang tidak tepat sesuai dengan tujuan pengajaran dapat menjadi hambatan dalam mencapai target pembelajaran yang telah ditetapkan. Banyaknya materi yang tidak terserap dengan baik seringkali disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang kurang memperhatikan kebutuhan peserta didik, kondisi kelas, serta ketersediaan fasilitas yang mendukung
Berdasarkan masalah tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut dan menuangkannya dalam skripsi dengan judul: "Efektivitas Pembelajaran PAI dengan Menggunakan Metode Tugas di MTs Mu'allimin NU Malang. Fokus penelitian ini meliputi Bagaimana perencanaan pembelajaran PAI dengan metode tugas di MTs Mu'allimin NU Malang, Bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI dengan metode tugas di MTs Mu'allimin NU Malang, dan Bagaimana hasil pembelajaran PAI dengan metode tugas di MTs Mu'allimin NU Malang.
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan kegiatan perencanaan pembelajaran PAI di MTs Mu'allimin NU Malang, Untuk mengetahui langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran PAI dengan metode tugas di MTs Mu'allimin NU Malang. Untuk Mendeskripsikan hasil pembelajaran PAI dengan metode tugas di MTs Mu'allimin NU Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara secara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan metode tugas dalam pembelajaran PAI di MTs Muallimin NU Malang efektif meningkatkan pemahaman dan penerapan nilai agama siswa. Keefektifan tersebut dapat dilihat dari perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pembelajaran. Saran bagi guru adalah untuk terus mengembangkan variasi tugas yang kreatif agar pembelajaran PAI lebih menarik dan aplikatif.
Kata Kunci: Efektivitas Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Metode Tugas | en_US |