Show simple item record

dc.contributor.authorHakim, Arief Rahman
dc.date.accessioned2025-02-15T03:44:34Z
dc.date.available2025-02-15T03:44:34Z
dc.date.issued2023-08-23
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10546
dc.description.abstractNilai-nilai pendidikan karakter seperti kedisiplinan, kejujuran, bertanggungjawab semakin lama semakin menurun dan Guru Pendidikan Agama Islam Membutuhkan Strategi yng bisa menangani hal tersebut. Fenomena itu ditandai dari kondisi moral atau akhlak generasi muda yang rusak. Tidak hanya itu, masih banyak problem pendidikan dimana terdapat peserta didik yang melanggar peraturan sekolah, tidak mengerjakan tugas, datang terlambat, menyontek, membolos dan ketidakpatuhan peserta didik pada guru. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan strategi yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter religius peserta didik beserta faktor pendukung dan penghambatnya. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian lapangan; dari proses kegiatan di MTSN 5 Jombang dalam program strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter religius peserta didik. Adapun informannya telah penulis tentukan sehingga penulis menggunakan teknik purposive sampling, sementara pengumpulan datanya menggunakan; observasi, wawancara dan dokumentasi, untuk keabsahan datanya menggunakan triangulasi dan analisis data yang selanjutnya diolah dan diatur secara sistematis sehingga dapat ditafsirkan dan dihasilkan sebuah temuan yang berupa pemikiran, teori, pendapat, maupun sebuah gagasan baru. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa strategi yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter religius peserta didik di MTSN 5 Jombang belum berhasil secara merata. Dikarenakan semua serba terbatas dan tidak semua program penunjang karakter religius dapat berjalan dengan lancar dan sesuai harapan dan cita-cita sekolah. Faktor penghambat dalam penerapan strategi penunjang karakter religius di MTSN 5 Jombang lebih banyak dibandingkan dengan faktor pendukung yang mempengaruhi kinerja program penunjang karakter religius peserta didik. Kata Kunci: Strategi, Pendidikan Agama Islam, Karakter Religius.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectStrategien_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectKarakter Religiusen_US
dc.titleStrategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Krakter Religius di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Jombangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record