Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlak Kelas X Bahasa di SMAS An-Nur Bululawang Malang

Show simple item record

dc.contributor.author Huda, Muhammad Darul
dc.date.accessioned 2020-12-21T04:18:38Z
dc.date.available 2020-12-21T04:18:38Z
dc.date.issued 2020-11-09
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1054
dc.description.abstract Guru pendidikan agama islam memegang peranan penting dalam proses pembinaan akhlak peserta didiknya. Untuk keberhasilan proses pembinaan tersebut, guru pendidikan agama islam harus mampu menggunakan berbagai strategi dalam membentuk akhlak. Akhlak adalah hal penting yang harus dimiliki oleh setiap orang, terutama peserta didik, karena baik buruknya seseorang dilihat dari akhlak yang dimilikinya. Di era modern ini banyak sekali muncul fenomena tentang menurunya akhlak yang dimiliki peserta didik, Dengan perkembangan tersebut menyebabkan dampak negative bagi semua kalangan termasuk para peserta didik. Disinilah peran pendidik terutama guru pendidikan agama Islam untuk membina akhlak siswa agar terhindar dari perilaku yang tidak sesuai dengan ajaran Islam. Dalam mengatasi hal ini dibutuhan strategi guna untuk membina akhlak siswa. Dari latar belakang penelitian di atas, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan guru pendidikan agama islam dalam pembinaan akhlak di SMAS An-Nur Bululawang Malang, Mengetahui bagaimana pelaksanaan dalam pembinaan akhlak pembinaan akhlak di SMAS An Nur Bululawang Malang, dan mengevaluasi pembinaan akhlak di SMAS An-Nur Bululawang Malang. Agar terwujudnya tujuan diatas penelitian dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, yaitu pengamatan langsung terhadap sasaran, metode wawancara, yaitu metode pengumpulan data dengan melakukan tanya jawab secara lisan dengan sumber penelitian, dan metode dokumentasi yaitu proses pencarian data mengenai hal-hal yang bersangkutan dengan penelitian. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa dalam perencanaan sudah ada program yang terinci dengan baik, meliputi: Shalat dhuha, bimbingan wali kelas, vii Membaca asmaul husna, Tadarus Al- Qur’an, Ekstrakulikuler baca tulis Qur’an. Pelaksanaan pembinaan dilaksanakan sesuai jadwal dan dengan metode yang sudah direncanakan. Dari program yang ada di SMAS An-Nur Bululawang Malang yang sudah terlaksana dengan baik diantaranya: membaca asmaul husna, bimbingan wali kelas, tadarus Al-Qur’an. Sedangkan program yang lain seperti shalat dhuha, ekstrakulikuler baca Tulis Qur’an belum berjalan seperti yang diharapkan. Cara evaluasi pembinaan peserta didik di SMAS An Nur bululawang Malang dengan teknik nontes yaitu pengamatan. Cara penilaian juga tidak menggunakan instrumen apapun. Hasil evalaluasi dalam perencanaan sudah ada program yang dibuat, namun dalam pelaksanaan tidak semua program berjalan sesuai rencana. Hasil dari masingmasing program, guru tidak bisa menilai, karena hasil pembinaan akhlak berdasarkan baik dan buruk siswa dan tidak bisa diukur. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Strategi Guru en_US
dc.subject Pembinaan Akhlak en_US
dc.title Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlak Kelas X Bahasa di SMAS An-Nur Bululawang Malang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account