Show simple item record

dc.contributor.authorShofiyyulloh, Asrori
dc.date.accessioned2025-02-15T03:49:28Z
dc.date.available2025-02-15T03:49:28Z
dc.date.issued2024-08-07
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10551
dc.description.abstractKajian dalam skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pemikiran KH. M. Hasyim Asy’ari tentang etika guru dan relevansinya dengan kode etik guru Indonesia. Penelitian ini di latar belakangi karena adanya beberapa kasus tentang pelanggaran yang dilakukan oleh oknum guru sehingga perlu mengkaji ulang konsep KH. M. Hasyim Asy’ari tentang etika guru. Berdasarkan latar belakang penelitian di atas maka peneliti merumuskan masalah, yakni bagaimana pemikiran KH. M. Hasyim Asy’ari tentang etika guru terhadap diri sendiri, bagaimana pemikiran KH. M. Hasyim Asy’ari tentang etika guru terhadap peserta didik, bagaimana pemikiran KH. M. Hasyim Asy’ari tentang etika guru dalam mengajar dan bagaimana relevansi pemikiran KH. M. Hasyim Asy’ari tentang etika guru dengan kode etik guru Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pemikiran KH. M. Hasyim Asy’ari tentang etika guru terhadap diri sendiri, pemikiran KH. M. Hasyim Asy’ari tentang etika guru terhadap peserta didik, pemikiran KH. M. Hasyim Asy’ari tentang etika guru dalam mengajar serta relevansi pemikiran KH. M. Hasyim Asy’ari tentang etika guru dengan kode etik guru Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif, karena meneliti fenomena objek yang alamiah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research), dengan teknik pengumpulan data melalui membaca, mencatat serta mengolah dengan menggunakan bantuan buku-buku, jurnal atau kitab-kitab yang tersedia baik di perpustakaan maupun dari sumber lainnya. Berdasarkan hasil penelitian, yang didapatkan adalah: 1) Pemikiran KH. M. Hasyim Asy’ari tentang etika guru terhadap diri sendiri meliputi berakhlak yang baik, tidak menjadikan ilmu sebagai alat mencari keuntungan dunia semata, menjauhi perilaku yang dapat menjatuhkan martabat, bergaul dengan perilaku yang terpuji dan selalu berupaya mengembangkan potensi diri; 2) Pemikiran KH. M. Hasyim Asy’ari tentang etika guru terhadap peserta didik meliputi memiliki niat yang baik dalam mengajar murid, menciptakan hubungan yang harmonis dengan murid dan memberi kemudahan murid dalam belajar; 3) Pemikiran KH. M. Hasyim Asy’ari tentang etika guru dalam mengajar meliputi menjaga penampilan dan kewibawaan, memulai dan menutup pembelajaran dengan doa dan menciptakan suasana belajar yang nyaman; 4) Adanya relevansi pemikiran KH. M. Hasyim Asy’ari tentang etika guru dengan kode etik guru Indonesia. 5) Kajian kritis etika guru menurut KH. M. Hasyim Asy’ari dalam perspektif tokoh pendidikan Islam klasik dan modern dan analisis kritis peneliti. Kata Kunci : Pemikiran KH. M. Hasyim Asy’ari, Etika Guru, Kode Etik Guru Indonesiaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPemikiran KH. M. Hasyim Asy’arien_US
dc.subjectEtika Guruen_US
dc.subjectKode Etik Guru Indonesiaen_US
dc.titlePemikiran Hadratussyaikh KH. M. Hasyim Asy’ari tentang Etika Guru dan Relevansinya dengan Kode Etik Guru (Kajian Kitab Adab al Alim wa al Muta’allim)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record