Show simple item record

dc.contributor.authorRohmani, Ahmad Fauzan
dc.date.accessioned2025-02-15T03:49:36Z
dc.date.available2025-02-15T03:49:36Z
dc.date.issued2024-07-04
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10553
dc.description.abstractPendidikan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi, yang mempunyai tujuan lebih tinggi dari sekedar untuk hidup, sehingga manusia lebih terhormat dan mempunyai kedudukan yang lebih tinggi daripada yang tidak berpendidikan. Pendidikan juga merupakan unsur yang tidak di pisahkan dari diri manusia, mulai dari kandungan sampai beranjak dewasa. Kemudian manusia mengalami proses pendidikan yang di dapatkan dari orang tua, masyarakat, maupun lingkungannya.Upaya dalam pembelajaran yang efektif ini sangat tergantung pada bagaimana guru dapat mengembangkan strategi pembelajaran, serta dapat memilih strategi yang tepat dalam kegiatan pembelajaran. Strategi yang harus di kuasai oleh guru diantaranya, strategi pengorganisasian pembelajaran, strategi penyampaian pembelajaran dan strategi pengelolaan pembelajaran. Tak hanya itu seorang pendidik di katakan berhasil dalam pengajarannya apabila sampai peserta didik mampu menerapkan ajaran-ajaran yang di sampaikan dalam kegiatan sehari-hari. Terutama dalam segi sifat yakni jiwa kepimpinan. Metode Pembelajaran pemecahan masalah (problem solving) diterapkan dalam kegiatan pembelajaran dengan tujuan untuk melatih siswa menghadapi berbagai masalah baik itu masalah pribadi atau perorangan maupun masalah kelompok untuk dipecahkan sendiri atau secara bersama sama. Seperti yang kita ketahui bahwa siapa pun memiliki kesempatan untuk menjadi seorang pemimpin. Jika saatnya tiba untuk menjadi seorang pemimpin, maka kita wajib sudah memiliki serangkaian kemampuan pemimpin yang baik. kemampuan kepemimpinan itu sangatlah penting karena bisa menjadikannya sebuah teladan bagi anggota tim kita. Jadi, Pemimpin yang baik memiliki suatu kemampuan yang bisa dicontoh oleh orang lain khususnya oleh anggota Tim. Dalam menjalankan tugas sehari hari seorang pemimpin akan menghadapi kesulitan-kesulitan dan masalah masalah. Sebagai seorang pemimpin yang baik, dia harus mempunyai kemampuan dalam memecahkan suatu masalah tersebut. Hal Inilah yang dikatakan “leadership problem solving”. Pendekatan yang di gunakan di dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Salah satu jenis penelitian yang dikenal sebagai penelitian kualitatif bertujuan untuk mendapatkan pemahaman tentang kenyataan melalui proses berpikir induktif. Peneliti terlibat dalam situasi dan setting fenomena yang diteliti dalam penelitian ini. Peneliti diharapkan selalu memusatkan perhatian pada kenyataan atau kejadian dalam konteks penelitian mereka. Dalam penelitian kualitatif, peneliti melakukan penelitian secara objektif terhadap kenyataan subjektif yang ditelitiPerencanaan strategi adalah alat kepemimpinan yang membantu para pemimpin menentukan tujuan masa depan organisasi dan bagaimana bekerja untuk mencapainya. Karena perencanaan adalah tahap awal dari kegiatan, sangat penting untuk dilakukan. Kita dapat menentukan jalan, standar kerja, dan kerangka kerja yang akan kita buat dengan melakukan perencanaan yang baik, Berdasarkan temuan penelitian mengenai perencanaan strategi problem solving di SMPI As-Shodiq, peneliti mencantumkan hasil penelitiannya yang pertama yaitu menentukan materi.Untuk mengevaluasi hasil kerja siswa guru perlu menentukan adanya metode yang tepat, hal tersebut juga di jelaskan oleh peneliti dalam paparan data pada perencanaan strategi problem solving di SMPI As-Shodiq. Implementasi adalah ketika ide, konsep, kebijakan, atau inovasi diterapkan dalam kehidupan nyata dengan dampak perubahan pengetahuan, keterampilan, nilai, dan sikap. Salah satu komponen penting dari proses kebijakan adalah implementasi, menyampaikan materi yang sudah di susun dalam tahap perencanaan, pembentukan kelompok,pada tahap akhir yakni mempraktekkan di depan kelas.Evaluasi adalah jenis penelitian di mana prinsip penelitian banyak digunakan, seperti pengumpulan data, analisis, dan rekomendasi tentang hasil pengolahan data menjelaskan hasil kerjanya bersama kelompok. Perencanaan strategi problem solving dalam pembelajaran PAI di SMPI As- Shodiq Bululawang di rencanakan dengan menentukan materi, menyediakan buku referensi, menentukan metode yang diperlukan untuk mengevaluasi hasil kerja, Implementasi strategi problem solving dalam pembelajaran PAI di SMPI As- Shodiq Bululawang diawali dengan guru menyampaikan materi , dilanjutkan dengan pembentukan kelompok oleh guru,tahap akhir pengimplementasian guru memerintahkan siswa untuk mempraktekkan hasil diskusinya di dalam kelas. Evaluasi strategi problem solving dalam pembelajaran PAI di SMPI As- Shodiq Bululawang, pada kegiatan tersebut siswa melakukan kegiatan unjuk kerja atau unjuk karya. Kata Kunci : Implementasi, Strategi Problem Solving, Karakter Kepimpinanen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectStrategi Problem Solvingen_US
dc.subjectKarakter Kepimpinanen_US
dc.titleImplementasi Strategi Problem Solving dalam Pembelajaran PAI untuk Membentuk Karakter Kepemimpinan Siswa di SMP As-Shodiq Bululawangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record