dc.description.abstract | SMA Negeri 4 Malang mememiliki keberagaman agama, ras, budaya, etnis pada peserta didiknya, yang menunjukkan sebagai unsur multikultural. Hal ini dapat mempengaruhi proses sosialisasi peserta didik baik diluar maupun saat proses pembelajaran berlangsung. oleh karena itu peran guru pendidikan agama Islam memiliki pengaruh yang penting dalam pembentukan karakter multikultural.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskrisikan bagaimana peran guru Pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter multikultural saat pembelajaran maupun diluar pembelajaran pada peserta didik dan Untuk mendeskripsikan bagaimana pola pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter multikultural pada peserta didik di SMA Negeri 4 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi yang diperoleh melalui penelitian langsung di lapangan. Keabsahan temuan diuji dengan pengamatan ketat, triangulasi, dan diskusi dengan sejawat.
Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan oleh peneliti bahwasannnya peran guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter multikultural pada peserta didik di SMA Negeri 4 Malang meliputi; Peran guru dalam suatu pembelajaran maupun di luar jam pembelajaran yaitu peran guru sebagai pengajar, dan pendidik. Adapun pola pembelajaran pendidikan agama Islam yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter multikultural yaitu dimulai dari menyusun perencanaan terlebih dahulu, kemudian proses pelaksanaan pembelajaran, dan diakhiri dengan penilaian pembelajaran PAI yang berbasis multikultural, sebagai suatu tolak ukur dalam mengetahui keberhasilan pembelajaran.
Kata Kunci: Peran, Guru PAI, Karakter Multikultural | en_US |