dc.description.abstract | Berdasarkan observasi awal, SMAN 1 Purwosari mulai menerapkan Kurikulum Merdeka pada tahun 2022 untuk kelas X dan XI, memberikan keleluasaan kepada guru dalam memilih perangkat ajar sesuai kebutuhan siswa melalui pembelajaran terdiferensiasi. Namun, karena kurikulum ini masih baru, tidak semua guru memahami konsep tersebut, mempengaruhi efektivitas pembelajaran, terutama dalam Pendidikan Agama Islam. Guru-guru masih berusaha mempersiapkan diri dengan mengikuti berbagai pelatihan dan mengelola administrasi pembelajaran, meskipun terdapat hambatan seperti metode ceramah yang monoton. Kurikulum Merdeka Belajar bertujuan menyederhanakan dan memperbaiki proses pembelajaran, memungkinkan guru mengeksplorasi inovasi dan kreativitas untuk menghasilkan lulusan dengan kompetensi baik.
Dari latar belakang penelitian ini diatas maka peneliti merumuskan masalah, yakni tentang bagaimana perencanaan kurikulum merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas X di SMAN 1 Purwosari,bagaimana pelaksanaan kurikulum merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas X di SMAN 1 Purwosari,bagaimana hasil kurikulum merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas X di SMAN 1 Purwosari.
Kurikulum Merdeka merupakan acuan penting dalam proses pendidikan yang dapat mempengaruhi perkembangan karakter siswa. Seperti yang dilakukan oleh guru dalam mengimplementasikan kurikulum Merdeka pada pembelajaran Pendidikan agama islam siswa kelas X di SMAN 1 Purwosari. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengidentifikasi perencanaan implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas X di SMAN 1 Purwosari 2) Untuk mengidentifikasi pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas X di SMAN 1 Purwosari 3) Untuk mengetahui hasil implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas X di SMAN 1 Purwosari.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari Data Collection (Pengumpulan Data), Data Condensation (Kondensasi Data), Data Display (Penyajian Data, Conclusion (Simpulan).
Hasil penelitian adalah 1) Perencanaan implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas X di SMAN 1 Purwosari yaitu menyusun dan mengembangkan modul ajar,memilih materi esensial,menyiapkan strategi pembelajaran yang inovatif seperti pembelajaran berbasis proyek (project based learning) ,menyiapkan LKPD. 2) Penerapan implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas X di SMAN 1 Purwosari yaitu pembelajaran yang terstruktur,pembelajaran berdiferensiasi yang berfokus pada siswa,pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis projek seperti membuat video praktek materi akhlaq terpuji dan tercela melalui projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dimensi yang ke 6 yaitu kreatif ,penilaian formatif di akhir pembelajaran. 3) Hasil implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas X di SMAN 1 Purwosari yaitu tercapainya tujuan pembelajaran,fleksibel dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam,meningkatkan kemandirian belajar siswa,mengukur perkembangan kemampuan siswa.
Kata Kunci : Implementasi, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran | en_US |