Show simple item record

dc.contributor.authorShofiati, Nur
dc.date.accessioned2020-12-21T04:19:23Z
dc.date.available2020-12-21T04:19:23Z
dc.date.issued2020-07-30
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1055
dc.description.abstractDi zaman yang serba digital ini, banyak yang meremehkan masalah pendidikan dikarenakan kurangnya minat mereka untuk belajar dan berusaha dalam menggapai kesuksesan. Yang mereka inginkan adalah kesuksesan yang instan karena mereka sudah dimanjakan oleh kemajuan teknologi dan informatika yang setiap harinya sangat mudah untuk diakses oleh masyarakat Indonesia baik tua ataupun muda, tanpa menyertakan sifat moral yang menjadi pondasi bangsa. Oleh karena itu disini penulis sangat tertarik untuk mengaambil judul tersebut karena ingin mengkaji lebih dalam tentang nilai-nilai pendidikan karakter yang ada dalam surat ali-imron ayat 159-160. Dengan harapan, ini bisa dijadikan sebagai acuan dan menjadi bahan untuk pertimbangan dalam rangka menambah wawasan keilmuan tentang akhlak yang seharusnya dilakukan. Karena pada hakikatnya, kebobrokan moral yang terjadi tidak lain karena generasi muslim sudah semakin jauh dari mengamalkan nilai-nilai akhlak yang terdapat di dalam al-Qur’an maupun Sunnah. Dari latar belakang masalah di atas maka peneliti merumuskan permasalahan yakni tentang nilai-nilai pendidikan karakter apa saja yang ada dalam Al-Qur’an surat Ali-Imron ayat 159-160 dan bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan karakter yang ada dalam Al-Qur’an surat Ali-Imron ayat 159-160 dalam pendidikan agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter Al-Qur’an surat Ali-Imron ayat 159-160 dan untuk mendiskripsikan relevansi nilai-nilai pendidikan karakter yang ada dalam Al-Qur’an surat Ali-Imron ayat 159-160 dalam pendidikan agama Islam. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang ada dalam surat Ali-Imron ayat 159-160 yakni: 1) Sifat Lemah lembut, 2) memberi maaf, 3) Musyawarah, 4) Tawakkal kepada allah, 5) yakin akan datangnya pertolongan allah. an dimasing- vii masing nilai-nilai pendidikan karakter tersebut memiliki relevansi dengan pendidikan agama islam yakni: 1) Sifat Lemah lembut memiliki relevansi dalam pendidikan agama islam menciptakan suasana yang nyaman dalam proses pendidikan, 2) memberi maaf memiliki relevansi dalam pendidikan agama islam menjadi pelajar yang baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan keluarga karena ini sangat menunjang terbentuknya akhlakul karimah bagi anak-anak, 3) Musyawarah memiliki relevansi dalam pendidikan agama islam meningkatkan kadar akal seorang anak, pemahaman, kecintaan dan keikhasan terhadap kemaslahatan umum, 4) Tawakkal kepada allah memiliki relevansi dalam pendidikan agama islam mampu menghadapi setiap cobaan, maupun rintangan, 5) yakin akan datangnya pertolongan allah memiliki relevansi dalam pendidikan agama islam dapat menimbulkan rasa empati terhadap sesama manusia, orangtua, guru dan teman-temannya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Karakteren_US
dc.titleNilai-nilai Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an (Studi Kepustakaan Surat Ali-Imron Ayat 159-160 Dalam Kitab Tafsir Misbah Karangan Muhammad Quraish Shihab)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record