Show simple item record

dc.contributor.authorAlfiar, Wahyu Mochamad
dc.date.accessioned2025-02-15T03:55:22Z
dc.date.available2025-02-15T03:55:22Z
dc.date.issued2024-07-26
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10561
dc.description.abstractPenelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan oleh guru PAI dalam membentuk sikap moderasi beragama di sekolah melalui nilai-nilai multikultural sebagai dasarnya sehingga terbentuk lingkungan yang inklusif dalam keheterogenan sekolah. Dari latar belakang penelitian di atas maka peneliti merumuskan fokus penelitian, yaitu tentang bagaimana perencanaan guru PAI dalam membentuk sikap moderasi beragama melalui nilai multikultural di SMK Negeri 12 Malang 2) bagaimana implementasi guru PAI dalam membentuk sikap moderasi beragama melalui nilai multikultural di SMK Negeri 12 Malang, 3) Bagaimana hasil implementasi guru PAI dalam membentuk sikap moderasi beragama melalui nilai multikultural di SMK Negeri 12 Malang. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan guru PAI dalam membentuk sikap moderasi beragama melalui nilai multikultural di SMK Negeri 12 Malang 2) implementasi guru PAI dalam membentuk sikap moderasi beragama melalui nilai multikultural di SMK Negeri 12 Malang, 3) hasil implementasi guru PAI dalam membentuk sikap moderasi beragama melalui nilai multikultural di SMK Negeri 12 Malang.Penelitian ini merupakan studi kualitatif yang mengadopsi pendekatan study kasus, dilaksanakan di SMK Negeri 12 Malang. Pengumpulan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memperoleh pemahaman mendalam tentang masalah yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Upaya guru PAI dalam membentuk sikap moderasi beragama dilakukan melalui perencanaan yang berangkat melalui nilai multikultural yang dijadikan sebagai pijakan. Diantara nilai-nilai multikultural yang dijadikan sebagai indikator dalam membentuk sikap moderasi beragama di SMK Negeri 12 Malang diantaranya yaitu nilai relegius, nilai toleransi, nilai kerjasama.; 2) Dalam pengimplementasian pembentukan sikap moderasi beragama guru PAI memiliki peran yang sangat sentral karena memiliki tugas untuk membentuk sikap yang sebelumnya tidak diketahui siswa; 3) Hasil implementasi guru PAI dalam membentuk sikap moderasi beragama menunjukkan hal yang positif karena siswa menunjukkan sikap inklusif, terbentuk sikap toleransi yang dipraktikkan oleh siswa, terbentuk sikap tolong menolong dalam kegotong-royongan dan terbentuk suasana kelas yang nyaman serta lingkungan sekolah yang harmonis.   Kata Kunci : Pembentukan Sikap, Moderasi Beragama, Multikulturalen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPembentukan Sikapen_US
dc.subjectModerasi Beragamaen_US
dc.subjectMultikulturalen_US
dc.titlePembentukan Sikap Moderasi Beragama di SMK Negeri 12 Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record