Show simple item record

dc.contributor.authorSumarni, Sumarni
dc.date.accessioned2025-02-15T03:55:28Z
dc.date.available2025-02-15T03:55:28Z
dc.date.issued2024-08-15
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10563
dc.description.abstractPembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar (SD) bertujuan meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi. Kemampuan ini mencakup empat keterampilan berbahasa, salah satunya adalah keterampilan menulis yang dipandang komplek karena melibatkan tiga keterampilan lainnya. Permasalahan yang dihadapi adalah pembelajaran Bahasa Indonesia masih terpusat pada guru. Metode dan media pembelajaran juga terbatas dan monoton. Pada ujungnya hasil belajar siswa sering kurang optimal. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, dicobakan suatu media yang bertujuan meningkatkan kemampuan menulis siswa khususnya materi teks prosedur menggunakan media digital atau aplikasi Story Jumper dengan berbagai fitur yang menarik. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rancangan model penelitian terbagi menjadi 2 siklus dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SDN Kotalama 5, yang beralamat di Jalan Muharto VII No. 54, Kota Malang pada semester genap tahun ajaran 2023-2024, dengan subjek penelitian siswa kelas IVB berjumlah 24 siswa. Instrumen untuk mengumpulkan data meliputi tes hasil belajar dan lembar observasi. Teknik analisis data mengacu pada teknik yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman, meliputi reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media digital Story Jumper dapat meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil belajar siklus I, nilai tertinggi mencapai 83, terendah adalah 67, dan rata-rata 73,30, dan terdapat 5 siswa belum mencapai KKTP. Pada siklus II, terjadi peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa. Nilai tertinggi menjadi 90, terendah 70, dengan rata-rata 78,24, dan semua siswa beehasil mencapai KKTP. Peningkatan rata-rata siklus I dan siklus II sebesar 4,94 poin. Media ini dipilih karena memungkinkan siswa untuk mengintegrasikan teks dan elemen audio visual secara interaktif. Penelitian yang dilaksanakan dua siklus ini juga menunjukkan hasil yang positif dalam meningkatkan motivasi siswa, terbukti dengan meningkatnya partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa media ini merupakan alat yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur. Sesuai dengan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media digital Story Jumper secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas IVB SDN Kotalama 5 khususnya pada materi menulis teks prosedur. Selain itu penggunaan media digital ini juga berhasil meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Diharapkan peneliti selanjutnya dapat mengembangkan dan mengintegrasikan penggunaan media tersebut dalam proses pembelajaran dengan tetap memperhatikan faktor faktor yang mempengaruhi keberhasilan penggunaan media tersebut.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectkemampuan menulisen_US
dc.subjectmedia digital story jumperen_US
dc.titlePeningkatan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas IVB SDN Kotalama 5 Dengan Media Digital Story Jumperen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record