Show simple item record

dc.contributor.authorAlfiani, Celvin Reindira
dc.date.accessioned2025-02-15T04:00:49Z
dc.date.available2025-02-15T04:00:49Z
dc.date.issued2024-09-24
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10566
dc.description.abstractKeterampilan berbicara merupakan aspek penting dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, namun seringkali menjadi tantangan bagi siswa, terutama dalam hal kepercayaan diri. Kepercayaan diri merupakan keyakinan terhadap segala kemampuan diri dan bakat seseorang untuk mencapai berbagai tujuan hidup dan beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Pada penelitian ini terdapat 4 indikator kepercayaan diri yakni percaya pada kemampuan diri, memiliki cara pandang positif, bertindak dalam mengambil keputusan, dan berani mengemukakan pendapat. Berdasarkan studi awal menunjukkan adanya berbagai permasalahan terkait kepercayaan diri siswa saat berbicara di depan kelas, seperti ketakutan akan penilaian negatif, kurangnya keterampilan berbicara, dan rendahnya minat dalam pembelajaran. Sehingga fokus penelitian ini adalah mendeskripsikan kepercayaan diri siswa dan faktor-faktor kepercayaan diri siswa pada pembelajaran berbicara teks deskripsi. Kemudian tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran berbicara pada teks deskripsi ditinjau dari kepercayaan diri siswa dan mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri siswa di kelas VII SMP Al-Hikmah Jeru. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi kepercayaan diri, tes keterampilan berbicara, kuesioner kepercayaan diri, dan wawancara kepercayaan diri dan faktor-faktor kepercayaan diri siswa. Subjek yang terpilih pada penelitian ini sebanyak 6 siswa dengan pembagian 2 siswa pada kategori keterampilan berbicara tinggi, 2 siswa pada kategori keterampilan berbicara sedang, dan 2 siswa pada kategori keterampilan berbicara tinggi. Analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman yang terdiri atas 3 tahapan yakni reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran berbicara teks deskripsi di kelas VII SMP Al-Hikmah Jeru bervariasi berdasarkan keterampilan berbicara. Siswa dengan keterampilan tinggi memenuhi keempat indikator kepercayaan diri. Siswa dengan keterampilan sedang hanya memenuhi 2-3 indikator, sedangkan siswa dengan keterampilan rendah hanya memenuhi 1-2 indikator secara parsial. Faktor internal seperti konsep diri, penguasaan materi, dan pengalaman berbicara, serta faktor eksternal seperti dukungan lingkungan dan interaksi sosial berperan penting dalam membentuk kepercayaan diri siswa pada setiap tingkat keterampilan. Dalam mendukung peningkatan kepercayaan diri siswa pada pembelajaran berbicara, guru disaranan memberikan tugas pengayaan dan peran mentoring bagi siswa dengan keterampilan berbicara tinggi, menyediakan lebih banyak kesempatan praktik dan umpan balik positif bagi siswa dengan keterampilan berbicara sedang, serta menerapkan teknik scaffolding dan menciptakan lingkungan belajar yang aman bagi siswa dengan keterampilan berbicara rendah. Sekolah disarankan untuk mengadakan program pengembangan kepemimpinan, workshop public speaking dalam melatih kepercayaan diri siswa, dan layanan konseling.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPembelajaran Berbicaraen_US
dc.subjectTeks Deskripsien_US
dc.titlePembelajaran Berbicara pada Teks Deskripsi Ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa di Kelas VII SMP Al-Hikmah Jeruen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record