Pembelajaran Berbicara pada Teks Deskripsi Ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa di Kelas VII SMP Al-Hikmah Jeru
Abstract
Keterampilan berbicara merupakan aspek penting dalam pembelajaran
Bahasa Indonesia, namun seringkali menjadi tantangan bagi siswa, terutama dalam
hal kepercayaan diri. Kepercayaan diri merupakan keyakinan terhadap segala
kemampuan diri dan bakat seseorang untuk mencapai berbagai tujuan hidup dan
beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Pada penelitian ini terdapat 4 indikator
kepercayaan diri yakni percaya pada kemampuan diri, memiliki cara pandang
positif, bertindak dalam mengambil keputusan, dan berani mengemukakan
pendapat.
Berdasarkan studi awal menunjukkan adanya berbagai permasalahan terkait
kepercayaan diri siswa saat berbicara di depan kelas, seperti ketakutan akan
penilaian negatif, kurangnya keterampilan berbicara, dan rendahnya minat dalam
pembelajaran. Sehingga fokus penelitian ini adalah mendeskripsikan kepercayaan
diri siswa dan faktor-faktor kepercayaan diri siswa pada pembelajaran berbicara
teks deskripsi. Kemudian tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
pembelajaran berbicara pada teks deskripsi ditinjau dari kepercayaan diri siswa dan
mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri siswa di kelas
VII SMP Al-Hikmah Jeru.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi
kepercayaan diri, tes keterampilan berbicara, kuesioner kepercayaan diri, dan
wawancara kepercayaan diri dan faktor-faktor kepercayaan diri siswa. Subjek yang
terpilih pada penelitian ini sebanyak 6 siswa dengan pembagian 2 siswa pada
kategori keterampilan berbicara tinggi, 2 siswa pada kategori keterampilan
berbicara sedang, dan 2 siswa pada kategori keterampilan berbicara tinggi. Analisis
data menggunakan teknik Miles dan Huberman yang terdiri atas 3 tahapan yakni
reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan.
Penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan diri siswa dalam
pembelajaran berbicara teks deskripsi di kelas VII SMP Al-Hikmah Jeru bervariasi
berdasarkan keterampilan berbicara. Siswa dengan keterampilan tinggi memenuhi
keempat indikator kepercayaan diri. Siswa dengan keterampilan sedang hanya
memenuhi 2-3 indikator, sedangkan siswa dengan keterampilan rendah hanya
memenuhi 1-2 indikator secara parsial. Faktor internal seperti konsep diri,
penguasaan materi, dan pengalaman berbicara, serta faktor eksternal seperti
dukungan lingkungan dan interaksi sosial berperan penting dalam membentuk
kepercayaan diri siswa pada setiap tingkat keterampilan. Dalam mendukung peningkatan kepercayaan diri siswa pada pembelajaran
berbicara, guru disaranan memberikan tugas pengayaan dan peran mentoring bagi
siswa dengan keterampilan berbicara tinggi, menyediakan lebih banyak kesempatan
praktik dan umpan balik positif bagi siswa dengan keterampilan berbicara sedang,
serta menerapkan teknik scaffolding dan menciptakan lingkungan belajar yang
aman bagi siswa dengan keterampilan berbicara rendah. Sekolah disarankan untuk
mengadakan program pengembangan kepemimpinan, workshop public speaking
dalam melatih kepercayaan diri siswa, dan layanan konseling.