View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Indonesian Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Indonesian Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pembelajaran Berbicara pada Teks Deskripsi Ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa di Kelas VII SMP Al-Hikmah Jeru

Thumbnail
View/Open
PEMBELAJARAN BERBICARA PADA TEKS DESKRIPSI DITINJAU DARI KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI KELAS VII SMP AL-HIKMAH JERU.pdf (20.61Mb)
Date
2024-09-24
Author
Alfiani, Celvin Reindira
Metadata
Show full item record
Abstract
Keterampilan berbicara merupakan aspek penting dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, namun seringkali menjadi tantangan bagi siswa, terutama dalam hal kepercayaan diri. Kepercayaan diri merupakan keyakinan terhadap segala kemampuan diri dan bakat seseorang untuk mencapai berbagai tujuan hidup dan beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Pada penelitian ini terdapat 4 indikator kepercayaan diri yakni percaya pada kemampuan diri, memiliki cara pandang positif, bertindak dalam mengambil keputusan, dan berani mengemukakan pendapat. Berdasarkan studi awal menunjukkan adanya berbagai permasalahan terkait kepercayaan diri siswa saat berbicara di depan kelas, seperti ketakutan akan penilaian negatif, kurangnya keterampilan berbicara, dan rendahnya minat dalam pembelajaran. Sehingga fokus penelitian ini adalah mendeskripsikan kepercayaan diri siswa dan faktor-faktor kepercayaan diri siswa pada pembelajaran berbicara teks deskripsi. Kemudian tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran berbicara pada teks deskripsi ditinjau dari kepercayaan diri siswa dan mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri siswa di kelas VII SMP Al-Hikmah Jeru. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi kepercayaan diri, tes keterampilan berbicara, kuesioner kepercayaan diri, dan wawancara kepercayaan diri dan faktor-faktor kepercayaan diri siswa. Subjek yang terpilih pada penelitian ini sebanyak 6 siswa dengan pembagian 2 siswa pada kategori keterampilan berbicara tinggi, 2 siswa pada kategori keterampilan berbicara sedang, dan 2 siswa pada kategori keterampilan berbicara tinggi. Analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman yang terdiri atas 3 tahapan yakni reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran berbicara teks deskripsi di kelas VII SMP Al-Hikmah Jeru bervariasi berdasarkan keterampilan berbicara. Siswa dengan keterampilan tinggi memenuhi keempat indikator kepercayaan diri. Siswa dengan keterampilan sedang hanya memenuhi 2-3 indikator, sedangkan siswa dengan keterampilan rendah hanya memenuhi 1-2 indikator secara parsial. Faktor internal seperti konsep diri, penguasaan materi, dan pengalaman berbicara, serta faktor eksternal seperti dukungan lingkungan dan interaksi sosial berperan penting dalam membentuk kepercayaan diri siswa pada setiap tingkat keterampilan. Dalam mendukung peningkatan kepercayaan diri siswa pada pembelajaran berbicara, guru disaranan memberikan tugas pengayaan dan peran mentoring bagi siswa dengan keterampilan berbicara tinggi, menyediakan lebih banyak kesempatan praktik dan umpan balik positif bagi siswa dengan keterampilan berbicara sedang, serta menerapkan teknik scaffolding dan menciptakan lingkungan belajar yang aman bagi siswa dengan keterampilan berbicara rendah. Sekolah disarankan untuk mengadakan program pengembangan kepemimpinan, workshop public speaking dalam melatih kepercayaan diri siswa, dan layanan konseling.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10566
Collections
  • MT - Indonesian Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group