Penerapan Strategi pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dalam Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Turen

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Mukaromah, Atisatul
dc.date.accessioned 2020-12-21T04:20:35Z
dc.date.available 2020-12-21T04:20:35Z
dc.date.issued 2020-08-06
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1057
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang kurang termotivasi dan memahami materi pada saat proses pembelajaran pendidikan agama islam disebabkan kurang tepat dalam memilih strategi pembelajaran. Pentingnya memilih strategi pembelajaran dengan baik sehingga mampu mendorong peserta didik lebih aktif dan termotivasi serta dapat memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini, peneliti ingin mengetahui tentang Penerapan Strategi Pembelajaran Contextual Teaching And Learning dalam Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Turen. Fokus penelitian yang diteliti antara lain adalah tentang Bagaimana penerapan strategi pembelajaran contextual teaching and learning dalam pendidikan agama islam, faktor pendukung dan penghambat pada saat penerapan strategi contextual teaching and learning dalam pendidikan agama islam, dan dampak dari penerapan strategi pemebalajarn contextual teaching and learning dalam pendidikan agama islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran contextual teaching and learning dalam pendidikan agama islam, faktor pendukung dan penghambat pada saat penerapan strategi contextual teaching and learning dalam pendidikan agama islam, dan dampak dari penerapan strategi pemebalajarn contextual teaching and learning dalam pendidikan agama islam. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswaSMK Negeri 2 Turenjurusan APHPI agribisnis pengolahan hasil perikanan. Dalam penelitian ini terdapat lima subjek penelitian, yaitu guru pendidikan agama islam, waka kurikulum, dan dua siswa. Berdasarkan temuan peneliti di lapangan, guru Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Turen telah menggunakan strategi pembelajaran Contextual teaching and learningsebelum melakukan proses pembelajaran, peneliti vii mengetahui hal tersebut dari hasil wawancara bersama guru Pendidikan Agama Islam dan Waka Kurikulum mengenai betapa pentingnya strategi pembelajaran sebagai penunjang berhasilnya proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan.Guru Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Turen juga terus berusaha bervariatif Guru berusaha menciptakan suasana belajar menyenangkan, memotivasi belajar siswa serta mampu dipahami siswa dengan menghubungkan kehidupan nyata ke dalam materi yang disampaikan bertujuan untuk membuat siswa mendapatkan pengalamamn belajar yang bermakna. Dalam penerapannya penulis menemukan kendala yang menjadi faktor penghambat yaitu kesiapan sisiwa dalam menrima materi, alokasi waktu pembelajaran serta penempatan jam pembelajaran pada akhir jam sekolah dan faktor pendukung yang meliputi semangat belajar siswa, media pembelajaran, serta sarana dan prasarana. Dampak yag dirasakan dari penerapan strategi pembelajarn ini menunjukan hasil yang baik meskipun belum maksimal karena setiap peserta didik memiliki perbedaan dalam memahami materi serta perlu ditingkatkan kembali oleh pendidik dalam mendesain pembelajaran. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Strategi Pembelajaran en_US
dc.subject Pembelajaran Contextual Teaching And Learning en_US
dc.title Penerapan Strategi pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dalam Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Turen en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account