dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang kurang termotivasi
dan memahami materi pada saat proses pembelajaran pendidikan agama islam
disebabkan kurang tepat dalam memilih strategi pembelajaran. Pentingnya
memilih strategi pembelajaran dengan baik sehingga mampu mendorong peserta
didik lebih aktif dan termotivasi serta dapat memanfaatkannya dalam kehidupan
sehari-hari. Dalam hal ini, peneliti ingin mengetahui tentang Penerapan Strategi
Pembelajaran Contextual Teaching And Learning dalam Pendidikan Agama
Islam di SMK Negeri 2 Turen.
Fokus penelitian yang diteliti antara lain adalah tentang Bagaimana
penerapan strategi pembelajaran contextual teaching and learning dalam
pendidikan agama islam, faktor pendukung dan penghambat pada saat penerapan
strategi contextual teaching and learning dalam pendidikan agama islam, dan
dampak dari penerapan strategi pemebalajarn contextual teaching and learning
dalam pendidikan agama islam.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan strategi
pembelajaran contextual teaching and learning dalam pendidikan agama islam,
faktor pendukung dan penghambat pada saat penerapan strategi contextual
teaching and learning dalam pendidikan agama islam, dan dampak dari penerapan
strategi pemebalajarn contextual teaching and learning dalam pendidikan agama
islam.
Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian dengan menggunakan
pendekatan penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Populasi dari
penelitian ini adalah seluruh siswaSMK Negeri 2 Turenjurusan APHPI agribisnis
pengolahan hasil perikanan. Dalam penelitian ini terdapat lima subjek penelitian,
yaitu guru pendidikan agama islam, waka kurikulum, dan dua siswa.
Berdasarkan temuan peneliti di lapangan, guru Pendidikan Agama Islam di
SMK Negeri 2 Turen telah menggunakan strategi pembelajaran Contextual
teaching and learningsebelum melakukan proses pembelajaran, peneliti
vii
mengetahui hal tersebut dari hasil wawancara bersama guru Pendidikan Agama
Islam dan Waka Kurikulum mengenai betapa pentingnya strategi pembelajaran
sebagai penunjang berhasilnya proses pembelajaran untuk mencapai tujuan
pendidikan.Guru Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Turen juga terus
berusaha bervariatif Guru berusaha menciptakan suasana belajar menyenangkan,
memotivasi belajar siswa serta mampu dipahami siswa dengan menghubungkan
kehidupan nyata ke dalam materi yang disampaikan bertujuan untuk membuat
siswa mendapatkan pengalamamn belajar yang bermakna. Dalam penerapannya
penulis menemukan kendala yang menjadi faktor penghambat yaitu kesiapan
sisiwa dalam menrima materi, alokasi waktu pembelajaran serta penempatan jam
pembelajaran pada akhir jam sekolah dan faktor pendukung yang meliputi
semangat belajar siswa, media pembelajaran, serta sarana dan prasarana. Dampak
yag dirasakan dari penerapan strategi pembelajarn ini menunjukan hasil yang baik
meskipun belum maksimal karena setiap peserta didik memiliki perbedaan dalam
memahami materi serta perlu ditingkatkan kembali oleh pendidik dalam
mendesain pembelajaran. | en_US |