Show simple item record

dc.contributor.authorMufidah, Alfia Lailatul
dc.date.accessioned2025-02-15T05:26:11Z
dc.date.available2025-02-15T05:26:11Z
dc.date.issued2024-07-24
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10581
dc.description.abstractBerdasarkan dari tujuan pendidikan nasional, pendidikan disekolah tidak hanya terkait dengan upaya penguasaan dibidang akademik saja, melainkan harus diimbangi dengan pendidikan karakter. Sekolah/madrasah sebagai lembaga kedua setelah keluarga, yang berperan penting dalam menanamkan nilai-nilai kehidupan individu. Didalam sekolah siswa diajarkan bagaimana mengimplementasikan nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu sekolah menjadi tempat untuk mengimplementasikan pendidikan karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter di MI Bustanul Ulum, peneliti merumuskan 3 tujuan penelitian yakni : mengidentifikasi perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi pendidikan karakter. Penelitian ini meruapakan penelitian deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi yakni pengamatan yang merupakan aktivitas penelitian fenomena yang dilakukan secara sistematis, metode wawancara yang merupakan metode pengumpulan data dengan tanya jawab dari sumber penelitian, dan metode dokumentasi yakni mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan, buku, transkip, dan lain sebagainya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter di MI Bustanul Ulum meliputi 3 aspek yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan yang dilakukan oleh Kepala Sekolah dan guru yakni dengan mempersiapkan sekolah/pendidik, membentuk kegiatan sekolah, dan pengarahan tenaga pendidik dalam membentuk pendidikan karakter. Pelaksanaan dengan dilakukan melalui serangkaian kegiatan pembelajaran didalam kelas ataupun diluar pembelajaran, penanaman nilai-nilai karakter dapat dilakukan dalam beberapa bentuk kegiatan pembiasaan yang dilakukan setiap hari disekolah, dan dilakukan pada kegiatan ekstrakurikuler. Evaluasi dilakukan dengan 3 cara yakni penilaian secara observasi, monitoring dengan bagian kesiswaan dan penilaian dilakukan dengan buku catatan siswa. Kata Kunci : Implementasi, Pendidikan Karakteren_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectPendidikan Karakteren_US
dc.titleImplementasi Pendidikan Karakter di MI Bustanul Ulum Kota Batuen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record