Pelaksanaan Pendidikan Islam Ahlus Sunnah Wal Jama’ah di SMP Wahid Hasyim Dinoyo Kota Malang

Show simple item record

dc.contributor.author Isnaini, M.Agus
dc.date.accessioned 2020-12-21T04:21:39Z
dc.date.available 2020-12-21T04:21:39Z
dc.date.issued 2020-06-09
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1058
dc.description.abstract Pendidikan Islam merupakan landasan bagi manusia dalam menjalani sebuah kehidupan yang lebih baik, pendidikan Islam memiliki karakter yang dinamik, artinya pendidikan Islam akan terus mengalami perubahan mengikuti perubahan zaman yang tentunya sangat berpengaruh terhadap perubahan sikap ataupun karakter pada masyarakat, maka hal tersebut dapat menjadi latar belakang kurikulum-kurikulum baru yang mengatur tentang pelaksanaan pendidikan Islam, termasuk pendidikan Islam Aswaja. Hal ini dibuktikan dengan adanya sebuah lembaga pendidikan Ma’arif yang secara khusus men design buku pedoman pendidikan Islam Aswaja bagi lembaga-lembaga pendidikan di bawah naungan Nahdlatul Ulama dan terintegrasi dengan Kurikulum Nasional 2013. Berdasarkan observasi awal, SMP Wahid Hasyim Kota Malang adalah salah satu lembaga pendidikan di bawah naungan organisasi Nahdlatul Ulama yang cukup eksis sebagai lembaga pendidikan swasta, hal ini yang di harapkan peneliti untuk mendapatkan suatu yang berbeda tentang pendidikan Islam Ahlus Sunnah Wal Jama’ah, hal itu pula yang membuat peneliti mengangkat judul tentang “Pelaksanaan Pendidikan Islam Aswaja di SMP Wahid Hasyim Dinoyo Kota Malang”. Dari latar belakang penelitian tersebut maka peneliti mengambil fokus masalah untuk mengetahui bagaimana konsep pendidikan Islam Aswaja yang dilaksanakan oleh SMP Wahid Hasyim Kota Malang yakni tentang isi materi yang berikan dalam menerapkan pembelajaran Islam Aswaja, strategi yang digunakan dalam menerapkannya, media yang digunakan dalam menerapkannya, dan bentuk evaluasi seperti apa yang dilakukan oleh SMP Wahid Hasyim Kota Malang. Tujuan penelitian ini sendiri adalah untuk mendeskripsikan hal-hal yang menjadi fokus pada penelitian ini sehingga nantinya dapat memberikan kesimpulan tentang bagaimana pelaksanaan pendidikan Islam yang diberlakukan. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif, dan prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan motode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dalam hal analisis data, peneliti menggunakan model miles dan huberman yakni proses pengumpulan data, reduksi data, paparan data, dan perifikasi atau menyimpulkan sebuah data. Dalam penelitian ini, materi-materi pendidikan Islam Aswaja secara umum sangat mengedepankan nilai-nilai tawasut, tawazun, tasamuh, dan ta’dul, jadi materi pendidikan Islam Aswaja yang diberikan tidak hanya tentang hubungan manusia dengan tuhannya tetapi hubungan manusia dengan manusia dan alam. Materi juga dinilai sangat relevan dengan perubahan atau perkembangan zaman, terlebih lagi soal moralitas bermasyarakat yang kian ter gerus oleh arus teknologi. Dari materi-materi tersebut yang sifatnya relevan dengan keadaan sehingga membentuk siswa untuk dapat dengan mudah materi-materi yang diberikan oleh guru. Begitu juga dengan strategi dan media yang digunakan dalam menerapkan pembelajaran Islam Aswaja memberikan kemudahan bagi siswa untuk memahami suatu materi yang berikan. Maka dari itu, perlulah dilakukannya evaluasi, evaluasi dilakukan untuk mengetahui seberapa tepat kah suatu strategi dan media yang gunakan dapat mempengaruhi terhadap pemahaman siswa sehingga dapat melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan sekolah maupun di rumah. Dari paparan di atas, patut menjadi perhatian untuk dijadikan sebagai bahan acuan untuk memperbaiki segala yang di rasa kurang tepat dalam melaksanakannya, sehingga dapat mengembangkan pendidikan Islam Aswaja serta memperbaiki moralitas anak-anak bangsa, khususnya di SMP Wahid Hasyim Kota Malang. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Islam Aswaja en_US
dc.subject Pendidikan Aswaja en_US
dc.title Pelaksanaan Pendidikan Islam Ahlus Sunnah Wal Jama’ah di SMP Wahid Hasyim Dinoyo Kota Malang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account