Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz untuk Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Ibadurrahman Malang
Abstract
Quizizz adalah aplikasi pendidikan berupa lingkungan belajar berbasis game yang digunakan sebagai alat bantu untuk mengajar siswa. Quizizz adalah alat yang sangat populer di sekolah-sekolah yang menggunakan alat ini untuk mengevaluasi, memperbaiki dan meningkatkan efektivitas pembelajaran, aplikasi ini juga memiliki beberapa mode, yaitu mode klasik dan mode tim yang menyenangkan untuk dimainkan, dengan berlalunya waktu dan manfaat dari penggunaan aplikasi Quizizz dalam pembelajaran, khususnya bahasa Arab, maka guru bahasa Arab di Sekolah Menengah Atas Islam Ibadurrahman di Malang tetap mempertahankan penggunaan aplikasi ini dalam pengajaran bahasa Arab secara terus menerus: (1) untuk mengetahui manfaat penggunaan aplikasi Quiziziz dalam meningkatkan pemahaman pertanyaan dan jawaban dalam pembelajaran bahasa Arab di SMA Ibadur Rahman Malang (2) untuk mengetahui beberapa masalah dan kesulitan yang dihadapi siswa dalam menggu nakan media pembelajaran Quiziziz pada pembelajaran bahasa Arab di SMA Ibadur Rahman Malang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini dilakukan di SMA Islam Ibadurrahman Malang pada kelas XI yang berjumlah 5 siswa. Subjek penelitian ini adalah 2 orang guru dan 5 orang siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga dalam pembelajaran bahasa Arab yang berkaitan dengan tanya jawab di SMA Ibadur Rahman Malang dilakukan dengan baik sesuai dengan langkah-langkah yang dilakukan oleh guru, dan proses pembelajaran dilakukan dengan sangat baik. Langkah-langkah tersebut adalah: (1) Desain, dimana guru mempersiapkan alat bantu dengan mengunduh aplikasi Quizizz, kemudian membuat pertanyaan dan memasukkan pertanyaan yang telah dibuat ke dalam aplikasi Quizizz. Kemudian implementasi, dimana guru menyiapkan proyektor, membagikan kode dan meminta siswa untuk mengerjakan Quizizz, dan langkah terakhir adalah evaluasi setelah menggunakan Quizizz dan keefektifan Quizizz bagi siswa (2) Kesulitan dan masalah yang dihadapi siswa, yang merupakan kesulitan dan masalah dalam menggunakan sarana pendidikan kuis dalam pembelajaran di sekolah menengah Ibadurrahman di Malang, yaitu para siswa mengalami kesalahan saat menggunakan Quizizz, sulitnya menulis bahasa Arab di komputer dan sedikitnya kosakata yang dikuasai siswa, dan mereka masih bergantung pada Google Translate untuk memahami arti kata dan kalimat dalam bahasa Arab.
Akhir kata, sebagai penutup, penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan quizizz sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam tanya jawab bahasa Arab di SMA Ibadurrahman Malang. Dengan penggunaan kuis, siswa lebih termotivasi dan hasil belajar mereka lebih baik. Oleh karena itu, penggunaan teknologi seperti Quizizz dalam pembelajaran bahasa Arab sangat efektif dan sangat menyenangkan terutama dalam Quizizz dalam bentuk alat bantu yang sangat menyenangkan di dalam kelas. Penelitian ini juga mendukung pengembangan lebih lanjut dari penggunaan alat bantu pengajaran digital untuk mendukung pengajaran dan pembelajaran bahasa Arab.
Kata Kunci :Quizizz, Pembelajaran Bahasa Arab, Madrasah Aliyah, Pendidikan