dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pakerti (PAIBP) yang masih terkesan membosankan oleh karena itu siswa sulit memahami materi yang disampikan oleh guru. Rumusan masalahnya yaitu bagaimana minat belajar PAIBP siswa terhadap media pembelajaran berbasis video dan adakah pengaruh media pembelajaran berbasis video terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAIBP. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat belajar PAIBP siswa kelas IX di SMP Bahrul Maghfiroh terhadap media pembelajaran berbasis video dan juga untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis video terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAIBP.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi Experiment. Populasi penelitian ini adalalh seluruh kelas IX SMP Bahrul Maghfiroh yang berjumlalh 80 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX A sebagai kelompok kelas eksperimen dan IX C sebagai kelompok kelas kontrol di SMP Bahrul Maghfiroh Kota Malang. Dalam menentukan sampel, peneliti menggunakan metode Simple Random Sampling. Teknik ini dilakukan yaitu dengan cara pemilihan acak dari kelompok kecil individu atau anggota dari keseluruhan populasi. Untuk mengukur minat belajar dengan menggunakan media video pembelajaran, maka disebarkan angket minat belajar sebagai bagian dari metode pengumpulan data dalam penelitian ini. Dengan menggunakan software SPSS versi 25, dilakukan uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis terhadap data dalam penelitian ini.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis video terhadap minat belajar PAIBP kelas IX di SMP Bahrul Maghfiroh Kota Malang. Hal ini terlihat pada pengujian hipotesis berbasis T-Test. Hasil analisis menunjukkan nilai thitung sebesar 3,508 dan tingkat signifikansi 0,001 < 0,05. Terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas A atau kelas eksperimen dengan kelas B atau kelas kontrol ditinjau dari minat belajar pada taraf signifikansi 5%. Dari pernyataan tersebut terlihat jelas bahwa Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa siswa kelas IX SMP Bahrul Maghfiroh Kota Malang tertarik mempelajari tentang PAIBP, dan penggunaan media video memberikan dampak positif terhadap pembelajarannya.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Video, Minat Belajar, Pendidikan Agama Islam | en_US |