Penggunaan Media Video Animasi kartun Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Pada Siswa Kelas 5 di Madrasah Ibtidaiyah Mambaul Ulum Tegal Gondo Malang
Abstract
Media video animasi dapat menyampaikan pesan pembelajaran dengan menggunakan gambar yang bergerak dan terdapat suara yang mengiringi video tersebut sehingga dengan melihat dan sekaligus mendengar, siswa yang menerima pembelajaran bisa lebih mudah memahami dan lebih cepat untuk menangkap isi pembelajaran.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan terkait bagaimana penggunaan dan langkah-langkah pembelajaran menggunakan media video animasi kartun untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahaasa Arab pada siswa kelas 5 di MI Mambaul Ulum Malan, dan untuk mendeskripsikan kendala-kendala dalam penggunaan media video animasi kartun beserta solusinya.
Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, yaitu penelitian dengan cara mengumpulkan data dengan metode observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang berupa data-data hasil wawancara dari pihak terkait atau berupa data-data tertulis.
Hasil dari penlitian ini yaitu: Langkah-langkah yang dalam penggunaan media video animasi diantaranya persiapan, pelaksanaan dan langkah evaluasi pembelajaran. Hambatan yang sering terjadi dalam penggunaan media video animasi adalah terjadinya mati Listrik dan juga rusaknya sarana media video animasi oleh karena itu guru harus terlebih dahuu mengecek keadaan sarana media pembelajaran agar tidak menghambat proses pembelajaran.
Kata kunci: Media Video Animasi Kartun, Pembelajaran Bahasa Arab, Penguasaan Kosakata Bahasa Arab