dc.description.abstract | Masih banyak terjadi hal - hal yang tidak ramah anak dilingkungan sekolah, dan hal itu di karenakan beberapa faktor, oleh karena itu penulis disini mengambil sekolah Madrasah Tsanawiyah Al Ma’arif 01 Singosari Malang dikarenakan disana sudah menerapkan Sekolah Ramah Anak untuk menghindari adanya kekerasan dalam sekolah. Dan merupakan salah satu kelebihan dari sekolah MTS Al Ma’arif 01 Singosari Malang dari pada sekolah-sekolah lain yang belum menerapkan sekolah ramah anak, hal itu yang menjadikan daya tarik para orang tua walimurid untuk menyekolahkan anak nya di MTS Al Ma’arif 01 Singosari Malang.
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui perencanaan pengembangan Sekolah Ramah Anak di Mts Al Maarif 01 Singosari Malang. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan pengembangan Sekolah Ramah Anak di Mts Al Maarif 01 Singosari Malang. 3) Untuk mengetahui evaluasi pengembangan Sekolah Ramah Anak di Mts Al Maarif 01 Singosari Malang.
Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif studi kasus, prosedur pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi, teknik analisis data dengan pengumpulan data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan dengan pengecekkan data berupa perpanjangan pengamatan dan triangulasi.
Berdasarkan hasil penelitian peneliti dapat mendiskripsikan bahwa strategi pengembangan sekolah ramah anak itu sangat penting dalam pengembangan sekolah ramah anak, strategi pengembangan sekolah ramah anak yang ada di Mts Almaarif 01 Singosari Malang dalam perencanaan nya adalah 1. sosialisasi 2. konsultasi 3. berkomitmen 4. Membentuk team sekolah ramah anak 5. identifikasi potensi. dalam pelaksanaan nya adalah 1. Penataan fisik sekolah. 2. Penataan psikis sekolah. 3. Penataan pembelajaran. 4. Pengaduan. 5. Penanaman nilai karakter dan seni budaya. 6. Pendidik dan tenaga kependidikan yang terlatih sesuai konvensi hak anak. dalam evaluasi nya adalah 1. Evaluasi Penataan fisik sekolah. 2. Evaluasi Penataan psikis sekolah. 3. Evaluasi enataan pembelajaran. 4. Evaluasi Pengaduan. 5. Evaluasi penanaman nilai karakter dan seni budaya. 6. Evaluasi pendidik dan tenaga kependidikan yang terlatih sesuai konvensi hak anak. Kata Kunci: Strategi, Sekolah Ramah Anak, strategi sekolah ramah anak | en_US |