Show simple item record

dc.contributor.authorMursidah, Nafisatul
dc.date.accessioned2020-12-21T04:27:46Z
dc.date.available2020-12-21T04:27:46Z
dc.date.issued2020-07-21
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1070
dc.description.abstractBahasa Indonesia mempunyai peranan penting untuk saat ini. perkembangan bahasa Indonesia yang pesat menjadikan bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional. Dibuktikan dengan banyaknya minat pemelajar untuk belajar bahasa Indonesia baik di dalam maupun di luar negeri. Hal ini menunjukkan bahwa bahasa Indonesia dipelajari diberbagai negara, terutama di Indonesia. Untuk itu, pembelajaran BIPA harus mendapatkan perhatian khusus. Mengingat bahasa Indonesia telah diajarkan dan dipelajari di mana-mana. BIPA di Unisma telah menjadi salah satu lembaga institusional yang memiliki program Darmasiswa. Program yang diberikan oleh pemerintah Indonesia dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Pada tahun 2020 merupakan tahun kedua, BIPA Unisma mendapatkan mahasiswa Darmasiswa sebagai pemelajar BIPA Unisma. Hal ini menunjukkan bahwa BIPA Unisma mempunyai program yang dapat menarik minat pemelajar BIPA. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian yang berhubungan dengan BIPA di Unisma, agar perbaikan maupun pembaruan serta perkembangan program di BIPA Unisma dapat menjadikan Unisma sebagai salah satu universitas kelas Internasional. Sesuai dengan penelitian, pembelajaran bahasa tidak terlepas dari keterampilan bahasa yang dimiliki oleh seseorang. Pembelajaran bahasa termasuk pembelajaran BIPA mempunyai empat keterampilan yang meliputi: menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Melalui empat keterampilan tersebut dapat diketahui karakteristik bahasa seseorang. Seperti pada karakteristik bahasa tulis. Melalui tulisan dapat diketahui bentukan kata, struktur kalimat bahkan juga bentuk interferensi dan penyimpangan baik dalam proses pembentukan kata maupun dalam kalimat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik struktur bahasa tulis pemelajar BIPA Program Darmasiswa 2019. Berdasarkan latar belakang di atas, tujuan penelitian yaitu (1) mendeskripsikan bentukan kata dalam bahasa tulis pemelajar BIPA Program Darmasiswa 2019, dan (2) mendeskripsikan struktur kalimat dalam bahasa tulis pemelajar BIPA Program Darmasiswa 2019. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Dikatakan penelitian kualitatif karena (1) pendekatan kualitatif dipilih karena data diambil dari latar alamiah, yang berarti penelitian dilakukan dengan tidak manipulasi dan kontrol ketat. (2) peneliti bertindak sebagai instrument kunci dalam penelitian, yang mana peneliti menjadi faktor penentu dalam analisis data. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui lima tahapan. (1) menghubungi kepala BIPA, (2) melakukan studi dokumentasi, (3) membaca karangan pemelajar BIPA, (4) memilih data berdasarkan landasan teori, dan (5) memasukkan data ke dalam intrumen penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) tabel penjaring data, dan (2) tabel panduan analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik bahasa tulis pemelajar BIPA dalam proses pembentukan kata afiksasi, reduplikasi, abreviasi, dan komposisi. Selain itu, afiksasi lebih didominasi oleh bentukan kata dengan prefiks meN- dan klofiks meN-kan berkategori verba. Kemudian struktur kalimat pemelajar BIPA lebih banyak menggunakan kalimat dalam bentuk aktif, baik aktif transitif maupun intransitif. Selain itu, dalam kalimat majemuk lebih dominan pada majemuk setara denga ditandai konjungi dan, tetapi. Selain bentukan kata dan struktur kalimat, juga terdapat interferensi yang disebabkan masih adanya pengaruh bahasa ibu atau bahasa asing selain bahasa Indonesia. Faktor yang menjadikan pemelajar BIPA mengalami masalah berupa penyimpangan dalam pembentukan kata dan struktur kalimat dipicu oleh (1) pemelajar yang sering lupa atau belum memahami bentukan kata maupun struktur kalimat bahasa Indonesia, (2) pengaruh bahasa ibu dan lingkungan, (3) keterbatasan kosakata bahasa Indonesia yang diketahui dan penyesuaian perbedaan bahasa Indonesia dengan bahasa asing (bahasa ibu), serta faktor-faktor yang memengaruhi proses pembentukan kata maupun stuktur kalimat.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectBentukan Kataen_US
dc.subjectStruktur Kalimaten_US
dc.subjectPemelajar BIPA Unismaen_US
dc.titleKarakteristik Struktur Bahasa Tulis Pemelajar BIPA Program Darmasiswa UNISMA 2019en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record