Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Membaca Al-Qur’an di Sekolah Menengah Pertama Islam Ma’arif 02 Malang

Show simple item record

dc.contributor.author Asykuriyah, Liza
dc.date.accessioned 2020-12-21T04:40:45Z
dc.date.available 2020-12-21T04:40:45Z
dc.date.issued 2020-07-09
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1082
dc.description.abstract Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa SMP Islam Ma’arif 02 Malang masih tegolong rendah, hal ini disebabkan karena faktor yang menghambat seperti kurangnya minat siswa dalam kemampuan membaca Al-Qur’an, faktor lingkungan yang mebuat para siswa malas untuk belajar membaca Al-Qur’an, faktor keluarga yang tidak mendorong anaknya untuk belajar membaca AlQur’an. Selain itu melihat beberapa siswa yang tidak mengikuti membaca AlQur’an secara bersama-sama disebabkan karena siswa tidak bisa membaca huruf Arab. Begitu pula saat pembelajaran agama didapati oleh peneliti siswa-siswi yang belum mengetahui kaidah serta hukum-hukum bacaan Al-Qur’an sehingga menyulitkan siswa saat membaca Al-Qur’an dan huruf Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mediskripsikan kemampuan Membaca AlQur’an Siswa di SMP Islam Ma’arif 02 Malang, upaya guru PAI dalam mengatasi kesulitan siswa membaca Al-Qu’an, serta faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam mengatasi kesulitan siswa membaca Al-Qur’an. Adapun pendekatan dalam penelitian ini yakni pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Peneliti sebagai perencana, pelaksana pengumpulan data, analisis, penafsir data dan pada akhirnya peneliti sebagai pelapor hasilnya. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dari Miles and Haberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa membaca Al-Qur’an di sekolah tersebut sudah membudaya, yang mana setiap hari siswa dan guru diwajibkan membaca Al-Qur’an sebelum memulai pembelajaran, kegiatan ini sangat bersifat positif karena dalam pembelajaran agama sangat membantu jika ada materi yang ada huruf arabnya, siswa dapat membaca tanpa merasa kesulitan, dan siswa akan menjadi peserta didik yang lebih baik jika mengetahui isi serta kandungan di setiap kalimat atau ayat Al-Qur’an yang telah dibaca, selain itu guru memiliki upaya dalam mengatasi kesulitan siswa membaca Al-Qur’an dengan cara atau metodenya masing-masing, bukan hanya guru agamanya saja melainkan dibantu dengan guru MADIN (madrasah diniyah) yang ada di sekolah. Kesimpulan dari penelitian adalah upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan siswa mebaca Al-Qur’an di SMP Islam Ma’arif 02 Malang meliputi pembiasaan membaca Al-Qur’an yang sudah menjadi budaya di sekolah ini, selain itu masing-masing guru menggunakan metodenya dalam menyampaikan atau mengajar, atau membimbing siswanya seperti menggunakan metode sorogan, metode membaca dan menghafal, serta menulis. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Membaca AlQur’an en_US
dc.subject Kesulitan Siswa en_US
dc.title Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Membaca Al-Qur’an di Sekolah Menengah Pertama Islam Ma’arif 02 Malang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account