View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Engineering
  • UT - Civil Engineering
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Engineering
  • UT - Civil Engineering
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Evaluasi Kerusakan Perkerasan Jalan dan Rencana Penanganannya pada Ruas Jalan Binangun – Mojorejo Kabupaten Blitar

Thumbnail
View/Open
Publish (2.155Mb)
Fulltext (7.658Mb)
Date
2024-08-10
Author
Alfaroky, Zeinuddin
Metadata
Show full item record
Abstract
Kabupaten Blitar adalah sebuah Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur. Secara topografi wilayah Kabupaten Blitar terletak diantara 111°40' – 112°10' BT dan 7°58' – 8°9'51'' LS. Luas wilayahnya adalah 1.588,79 km². Kabupaten Blitar ini terletak di sebelah barat provinsi Jawa Timur dan batas wilayah dari Kabupaten Blitar adalah Sebelah Utara adalah Kabupaten Kediri dan Kabupaten Malang, Sebelah Timur adalah Kabupaten Malang, Sebelah Selatan adalah Samudra Inonesia dan Sebelah Barat adalah Kabupaten Tulungagung dan Kabupaten Kediri Tujuan penelitian ini adalah menganalisis jenis, tingkat kerusakan dan jenis perbaikan yang dibutuhkan dalam perbaikan jalan sesuai dengan kerusakannya. Jalan yang mengalami kerusakan akan dilakukan analisis dengan metode IKP dan IRI. Pertama dalam melakukan survei yaitu dengan melihat kondisi lokasi studi yang mengalami kerusakan, kemudian dari hasil survei akan diketahui nilai total IKP dan IRI agar didapatkan jenis perbaikan sesuai dengan kerusaknnya. Berdasarkan hasil perhitungan persentase kerusakan Ruas Jalan Kabupaten Binangun - Mojorejo adalah sebesar 6 % untuk Pelepasan Butiran; 89 % untuk Retak Memanjang; 0% untuk Retak Melintang; 3 % untuk Retak Buaya; 1 % untuk Lubang; 1 % untuk Tambalan. Kerusakan jalan didominasi oleh retak memanjang yang mempunyai persentase terbesar yaitu sebesar 89 %. Dari hasil perhitungan dengan rumus dan menggunakan aplikasi SPSS didapatkan nilai korelasi yaitu – 0,878 sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat korelasi metode IKP dan IRI adalah Tinggi dengan bentuk korelasinya yaitu linear negatif apabila nilai IRI tinggi maka nilai IKP rendah sehingga dalam studi ini analisa penanganan kerusakan jalan dari kedua metode tersebut sama sama menunjukan hasil yaitu pemeliharaan berkala. Kata Kunci: Metode IRI, Metode IKP, Kerusakan Jalan
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10891
Collections
  • UT - Civil Engineering

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group