dc.description.abstract | Sudah kewajiban bagi anak untuk menempuh sebuah pendidikan
dimanapun dia berada, baik di sekolah maupun di rumah. Dalam proses
pembelajaran di rumah seperti sekarang ini banyak sekali keluhan dari orang tua
dalam pelaksanaannya terutama dalam masalah minat belajar anak yang semakin
tidak kondusif karena memang belum terbiasa dengan adanya sistem belajar
daring seperti ini. Pada akhirnya banyak yang harus di upayakan orang tua dalam
menumbuhkan minat belajar anak agar tetap maksimal walaupun dengan sedikit
paksaan dan menerapkan kedisiplinan dalam belajar.
Dari sini hal yang diperlukan dalam kelancaran pelaksanaan proses
belajar dari rumah adalah kesadaran orang tua dalam pentingnya pendidikan pada
anak dan pentingnya menumbuhkan minat belajar anak meski proses belajar
dilakukan dari rumah. Seperti halnya peran orang tua dalam menumbuhkan minat
anakdalah belajar di SD Negeri 1 Sidorenggo Ampelgading Malang dalam
memberi dorongan, dukungan dan motivasi orang tua berupa fasilitas belajar,
Sehingga prestasi anak tetap bisa dikembangkan bahkan bisa lebih unggul dari
sebelumnya.
Dari latar belakang penelitian di atas peneliti merumuskan masalah yakni
tentang minat belajar anak pada masa proses belajar yang dilakukan di rumah,
kemudian peran orang tua dalam menumbuhkan minat belajar dan faktor
pendukung serta penghambat pada proses pelaksanaannya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar minat anak
pada proses belajar di rumah, kemudian peran orang tua yang sangat mendukung
dalam proses menumbuhkan minat dan mendorong anak belajar dengan segala
fasilitas, motivasi dan lain sebagainya. Begitu juga dengan faktor-faktor yang
dapat mendukung dan menghambat jalannya proses belajar di rumah.
Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti melakukan penelitian dengan
jenis penelitian kualitatif.Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan metode observasi, wawancara dan catatan lapangan yang dianalisis
dengan reduksi data, penyajian data yang didapatkan dan penarikan kesimpulan
dari setiap data yang ada.
Dalam penelitian ini kesuksesan proses belajar sendiri dititik beratkan kepada
peran orang tua selaku guru pengganti ketika melaksanakan proses belajar di
rumah. Sehingga orang tua harus pintar dalam membagi waktu antara kapan
bekerja dan kapan harus menemani anak dalam belajar dan penyelesaian
tugas.Motivasi yang disertai dengan kedisipilinan dalam belajar menjadi salah
satu upaya yang harus dilakukan orang tua dalam menumbuhkan minat anak.
Komunikasi yang baik antara orang tua dan anak menjadi salah satu cara untuk
memudahkan kegiatan belajar dari rumah ini. | en_US |