Efektivitas Pelayanan Pelaporan Penipuan Nasabah melalui Transaksi Transfer Dana Berbasis Web (Studi di Kantor Bank Rakyat Indonesia Cabang Ponorogo)
Abstract
Pada Tesis ini, penulis mengangkat permasalahan Efektivitas Pelayanan Pelaporan Penipuan Nasabah Melalui Transaksi Transfer Dana Berbasis Web (Studi di Kantor Bank Rakyat Indonesia Cabang Ponorogo). Pilihan tema tersebut dilatarbelakangi dengan beberapa aspek, diantaranya terdapat kendala dalam hal kecepatan dan akurasi respon terhadap laporan penipuan yang diajukan oleh nasabah. Meskipun sistem pelaporan berbasis web telah diterapkan, proses verifikasi dan investigasi sering kali memerlukan waktu yang tidak singkat, yang dapat mengakibatkan keterlambatan dalam penanganan kasus penipuan. Hal ini tentunya merugikan nasabah yang berharap mendapatkan solusi cepat untuk kerugian yang mereka alami.
Berdasarkan latar belakang tersebut, karya tulis ini mengangkat rumusan masalah sebagai berikut: 1. Bagaimana Efektivitas Pelayanan Pelaporan Penipuan Nasabah Melalui Transaksi Transfer Dana Berbasis Web di Kantor BRI Cabang Ponorogo? 2. Apa Faktor Penghambat Dalam Menangani Pelaporan Penipuan Nasabah Melalui Transaksi Transfer Dana Berbasis Web di Kantor BRI Cabang Ponorogo?
Penelitian ini merupakan penelitian bersifat deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan, melukiskan, menerangkan, menjelaskan dan menjawab secara lebih rinci permasalahan yang akan diteliti dengan mempelajari semaksimal mungkin seorang individu, atau kelompok atau suatu kejadian. Adapun yang menjadi populasi yakni keselurahan subyek yang memiliki karakteristik tertentu dan ditetapkan untuk diteliti sedangkan teknik sampling menggunakan purposive sampling. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder dengan Teknik analisis data studi kepustakaan dan studi lapangan. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan cara memadukan antara penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan studi pustaka, secara garis besar hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut:
Bahwa untuk mentukan efektivitas pelayanan pelaporan penipuan nasabah melalui transaksi transfer dana berbasis Web di Kantor BRI Cabang Ponorogo dilakukan dengan cara memastikan pelayanan dengan cara, memiliki tim khusus yang terlatih untuk menangani kasus penipuan, menggunakan teknologi canggih untuk memantau dan mendeteksi aktivitas mencurigakan, serta memberikan edukasi kepada nasabah mengenai cara-cara menghindari penipuan dan langkah-langkah yang harus diambil jika mereka menjadi korban penipuan.
Bahwa faktor penghambat dalam menangani pelaporan penipuan nasabah melalui transaksi transfer dana berbasis Web di Kantor BRI Cabang Ponorogo yakni Kurangnya pemahaman nasabah tentang prosedur pelaporan penipuan, Rasa enggan melapor karena takut akan dampak negative, Keterbatasan sumber daya manusia dan teknologi, Birokrasi internal dan prosedur yang kompleks, Koordinasi yang kurang efektif antara bank dan pihak penegak hukum, kerahasiaan dan keamanan data nasabah, serta Peningkatan kejahatan siber dan modus operandi penipuan yang semakin canggih.
Kata Kunci: Penipuan, Transaksi Web, Efektivitas Pelayanan