dc.description.abstract | Pendidikan merupakan pilar utama dalam mempersiapkan peserta didik di masa
yang akan mendatang. Pendidikan dituntut untuk mengasilkan generasi emas bangsa.
Seiring dengan kebutuhan masyarakat maka kurikulum perlu terus di kembangkan.
Adanya usaha pemerintah dalam pengembangan kurikulum 2013 yang merubah
pendekatan pembelajaran menjadi saintifik namun dalam pelaksanaannya masih banyak
sekali kendala. Dalam penerapannya memang tidak mudah, mengingat buku ajar tematik
untuk siswa yang digunakan di sekolah ada beberapa tema pembelajaran dan masih
ditemukan beberapa langkah pembelajaran di tema tertentu yang tidak sesuai dengan
pendekatan saintifik meskipun dalam pengantar penulis sudah menjelaskan bahwa materi
dalam buku sudah sesuai dengan pendekatan saintifik 5 M (mengamati, menanya,
mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengokomunikasikan).
Melalui latar belakang penelitian di atas maka peneliti merumuskan masalah,
yakni bagaimana karakteristik pendekatan kurikulum 2013 pada buku tematik siswa kelas
III SD/MI tema 6 revisi 2018 dan apa saja pendekatan scientific yang terdapat dalam
buku siswa kelas III SD/MI tema 6 revisi 2018. Tujuan penelitian ini adalah
mendeskripsikan karakteristik pendekatan kurikulum 2013 pada buku tematik siswa kelas
III SD/MI tema 6 revisi 2018 dan menganalisis kesesuaian buku tematik siswa kelas III
SD/MI tema 6 revisi 2018 dengan pendekatan saintifik.
Penelitian dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan
dengan menggunakan metode dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal atau
variabel yang berupa catatan, transkrip, surat kabar, buku, majalah, prasasti, notulen
rapat, agenda, dan sebagainya, kemudian dengan sumber sekunder yaitu berbagai macam
buku yang relevan, jurnal penelitian terdahulu, website atau blog serta peraturan
perundang-undangandan lain sebagainya. Dalam penelitian ini, buku disusun dengan
huruf baarmetanoia 18 setebal 210 halaman dan terdiri dari 4 subtema, subtema 1 sumber
energi, subtema 2 perubahan energi, subtema 3 energi alternatif, dan subtema 4
penghematan energi. Buku tematik siswa disusun sebagai penunjang penerapan
kurikulum 2013 sehingga di dalam buku siswa terdapat beberapa kegiatan yang sudah
disesuaikan dengan pendekatan saintifik, seperti ayo mengamati, ayo mencoba, ayo
berdiskusi, dan ayo mencoba.
Berdasarkan hasil temuan peneliti bahwasanya karakteristik pendekatan kurikulum
2013 pada buku tematik siswa kelas III SD/MI Tema 6 Revisi 2018 adalah, faktual,
objektif, aktual, logis, cermat, dan tepat. Pembelajaran dalam buku mendorong
peningkatan kemampuan berpikir peserta didik, pembelajaran yang meningkatkan
motivasi belajar peserta didik, dan memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
melatih kemampuan dalam berkomunikasi dan kepercayaan diri siswa.Sedangkan apa
saja pendekatan saintifik dalam buku tematik siswa kelas III SD/MI Tema 6 Revisi 2018
dapat disimpulkan bahwa pada setiap sub judul yang ada dalam buku masing-masing
sudah terdapat kegiatan yang di dalamnya menggunakan pendekatan saintifik antara lain
mengamati, mengumpulkan informasi (mencoba), mengasosiasi (menalar), dan
mengkomunikasikan. Namun, tidak terdapat adanya sub judul dalam memberikan
kesempatan peserta didik untuk menanya dan setiap sub judul yang ada dalam
pembelajaran tidak semua berurutan sesuai dengan kegiatan 5M hanya dalam beberapa
pembelajaran yang kegiatannya sistematis mulai mengamati hingga mengkomunikasikan.
Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran berdasarkan uraian pembahasan
yang terdapat dalam buku, masih terdapat beberapa komponen yang belum dicantumkan,
pada sub judul ayo mengamati yang seharusnya mengamati dan mencari informasi
dengan disertakan gambar namun hanya terdapat paparan yang hanya bisa dibaca oleh
peserta didik. Meskipun sub judul dalam pembelajaran dan kegiatan berdasarkan kaidah
ilmiah, tapi tidak ditemukan sub judul untuk memberikan kesempatan peserta didik
dalam kegiatan menanya. Kemudian dalam pengantar buku disebutkan terdapat sub judul
ayo membaca, ayo mencoba, ayo mengamati, ayo berlatih, ayo berkreasi, ayo bernyanyi,
ayo menari, ayo berdiskusi, ayo bermain peran, ayo bercerita dan ayo menulis tapi dalam
buku tidak terdapat sub judul ayo bermain peran. Oleh sebab itu, perlu adanya ketelitian
dalam menyesuaikan lagi terhadap konsep yang telah disajikan di pengantar buku dengan
pembahasan dalam buku. | en_US |