Analisis Pendekatan Scientific pada Buku Tematik Siswa Kelas III SD/MI Tema 6 Revisi 2018

Show simple item record

dc.contributor.author Sukmaya, Raysa Abellia Nur
dc.date.accessioned 2020-12-21T04:51:46Z
dc.date.available 2020-12-21T04:51:46Z
dc.date.issued 2020-07-17
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1096
dc.description.abstract Pendidikan merupakan pilar utama dalam mempersiapkan peserta didik di masa yang akan mendatang. Pendidikan dituntut untuk mengasilkan generasi emas bangsa. Seiring dengan kebutuhan masyarakat maka kurikulum perlu terus di kembangkan. Adanya usaha pemerintah dalam pengembangan kurikulum 2013 yang merubah pendekatan pembelajaran menjadi saintifik namun dalam pelaksanaannya masih banyak sekali kendala. Dalam penerapannya memang tidak mudah, mengingat buku ajar tematik untuk siswa yang digunakan di sekolah ada beberapa tema pembelajaran dan masih ditemukan beberapa langkah pembelajaran di tema tertentu yang tidak sesuai dengan pendekatan saintifik meskipun dalam pengantar penulis sudah menjelaskan bahwa materi dalam buku sudah sesuai dengan pendekatan saintifik 5 M (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengokomunikasikan). Melalui latar belakang penelitian di atas maka peneliti merumuskan masalah, yakni bagaimana karakteristik pendekatan kurikulum 2013 pada buku tematik siswa kelas III SD/MI tema 6 revisi 2018 dan apa saja pendekatan scientific yang terdapat dalam buku siswa kelas III SD/MI tema 6 revisi 2018. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan karakteristik pendekatan kurikulum 2013 pada buku tematik siswa kelas III SD/MI tema 6 revisi 2018 dan menganalisis kesesuaian buku tematik siswa kelas III SD/MI tema 6 revisi 2018 dengan pendekatan saintifik. Penelitian dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan, transkrip, surat kabar, buku, majalah, prasasti, notulen rapat, agenda, dan sebagainya, kemudian dengan sumber sekunder yaitu berbagai macam buku yang relevan, jurnal penelitian terdahulu, website atau blog serta peraturan perundang-undangandan lain sebagainya. Dalam penelitian ini, buku disusun dengan huruf baarmetanoia 18 setebal 210 halaman dan terdiri dari 4 subtema, subtema 1 sumber energi, subtema 2 perubahan energi, subtema 3 energi alternatif, dan subtema 4 penghematan energi. Buku tematik siswa disusun sebagai penunjang penerapan kurikulum 2013 sehingga di dalam buku siswa terdapat beberapa kegiatan yang sudah disesuaikan dengan pendekatan saintifik, seperti ayo mengamati, ayo mencoba, ayo berdiskusi, dan ayo mencoba. Berdasarkan hasil temuan peneliti bahwasanya karakteristik pendekatan kurikulum 2013 pada buku tematik siswa kelas III SD/MI Tema 6 Revisi 2018 adalah, faktual, objektif, aktual, logis, cermat, dan tepat. Pembelajaran dalam buku mendorong peningkatan kemampuan berpikir peserta didik, pembelajaran yang meningkatkan motivasi belajar peserta didik, dan memberikan kesempatan pada peserta didik untuk melatih kemampuan dalam berkomunikasi dan kepercayaan diri siswa.Sedangkan apa saja pendekatan saintifik dalam buku tematik siswa kelas III SD/MI Tema 6 Revisi 2018 dapat disimpulkan bahwa pada setiap sub judul yang ada dalam buku masing-masing sudah terdapat kegiatan yang di dalamnya menggunakan pendekatan saintifik antara lain mengamati, mengumpulkan informasi (mencoba), mengasosiasi (menalar), dan mengkomunikasikan. Namun, tidak terdapat adanya sub judul dalam memberikan kesempatan peserta didik untuk menanya dan setiap sub judul yang ada dalam pembelajaran tidak semua berurutan sesuai dengan kegiatan 5M hanya dalam beberapa pembelajaran yang kegiatannya sistematis mulai mengamati hingga mengkomunikasikan. Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran berdasarkan uraian pembahasan yang terdapat dalam buku, masih terdapat beberapa komponen yang belum dicantumkan, pada sub judul ayo mengamati yang seharusnya mengamati dan mencari informasi dengan disertakan gambar namun hanya terdapat paparan yang hanya bisa dibaca oleh peserta didik. Meskipun sub judul dalam pembelajaran dan kegiatan berdasarkan kaidah ilmiah, tapi tidak ditemukan sub judul untuk memberikan kesempatan peserta didik dalam kegiatan menanya. Kemudian dalam pengantar buku disebutkan terdapat sub judul ayo membaca, ayo mencoba, ayo mengamati, ayo berlatih, ayo berkreasi, ayo bernyanyi, ayo menari, ayo berdiskusi, ayo bermain peran, ayo bercerita dan ayo menulis tapi dalam buku tidak terdapat sub judul ayo bermain peran. Oleh sebab itu, perlu adanya ketelitian dalam menyesuaikan lagi terhadap konsep yang telah disajikan di pengantar buku dengan pembahasan dalam buku. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Analisis en_US
dc.subject Pendidikan Saintifik en_US
dc.subject Tematik Siswa en_US
dc.title Analisis Pendekatan Scientific pada Buku Tematik Siswa Kelas III SD/MI Tema 6 Revisi 2018 en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account