dc.description.abstract | Penanaman nilai karakter menjadi kebutuhan pertama orang tua dan siswa.
Apalagi keadaan seperti sekarang yang serba menggunakan handphone atau
gadget sedikit banyak memberikan pengaruh pada tingkah laku anak terutama
bagi yang sedang menempuh sekolah dasar. Padahal pembentukan karakter
dilakukan pertama pada tahapan pendidikan tersebut. Dan SD Isalm Bani Hasyim
menjadi salah satu sekolah yang berorientasi pada pendidikan karakter siswa
melalui visi sekolah yaitu Ulul Albab. Sehingga perlu dilakukan kajian melalui
hasil penilitian ini.Penelitian ini mengkaji tiga fokus utama yaitu: 1) perencanaaan
implementasi nilai karakter, 2) pelaksanaan implementasi nilai karakter, dan 3)
evaluasi implementasi nilai karakter di SD Isalam bani Hasyim. Sedangkan
metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan
pendekatan deskriptif analisis serta jenis penelitian studi kasus. Selanjutnya teknik
pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipatif,
dan dokumentasi. Sementara teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis
data interaktif yang mengandung unsur pengumpulan data, redusi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskrpsikan perencanaan
implmentasi nilai –nilai karakter untuk meningkatkan kecerdasan spiritual siswa
di SD Islam Bani Hasyim Malang, 2) untuk mmendeskrpsikan pelaksanaan
implementasi nilai –nilai karakter untuk meningkatkan kecerdasan spiritual siswa
di SD Islam Bani Hasyim Malang, 3) untuk mendeskrpisikan evaluasi
implemntasi nilai –nilai karakter untuk meningkatkan kecerdasan spiritual siswa
di SD Islam Bani Hasyim Malang. Manfaat diadakan penelitian ini adalah : 1)
Bagi akademisi sebagai sumbangsi pemikiran tentang pendidikan karakter pada
siswa di era globalisasi melalui implementasi nilai karakter dalam meningkatkan
kecerdasan spiritual siswa. 2) Bagi lembaga bagi lembaga SD Islam Bani Hasyim
sebagai sumbangsi pemikiran mengenai implementasi nilai karakter dalam
membentuk kecerdasan spiritual siswa. 3) Bagi Universitas Islam Malang sebagai
upaya meningkatkan kajian keilmuan dan tugas akhir mahasiswa yang bermanfaat
untu semua orang.Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif karena data-data yang diperoleh merupakan data-data yang bersifat
deskriptif. Strategi yang digunakan dalam penelitian kualitatif adalah strategi
penelitian lapangan atau studi kasus. Dalam penelitian ini peneliti dilapangan
menjadi syarat utama, peneliti mengumpulkan data dalam latar alamiah, dimana
peneliti menjadi instrumen utama. Selain itu, peneliti juga beperan sebagai
perencanaan, pengumpul dan penganalisis data, dan menjadi pelapor hasil
penelitian. Pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara
dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
analisis data deskrptif dengan cara reduksi data, menyajikan data, dan penarikan
kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan
keikutsertaan, pembahasan sejawat, triangulasi dan ketekunan.
Hasil penelitian di SD Islam Bani Hasyim diperoleh sebagai berikut: 1)
perencanaan implementasi nilai karakter melalui sosilasisasi secara langsung dan
tidak langsung, membuat komitmen dengan stakeholders, analisis kondisi
sekolah, penyususnan rencana aksi, membuat rancangan dan pelaksanaan
pendidikan karakter, membuat rancangan pengkondisian; 2) pelaksanaan
impelementasi nilai karakter melalui pelaksanaandalam kegiatan pembelajaran
melalui program keIslaman dan ketundukan, pelaksanaan kegiatan pengembangan
budaya sekolah melalui doa bersama, puasa sunnah, tahfidz, dan aksi program
ketundukan, pelaksanaan kegiatan kokurikuler melalui kegiatan fakultatif seperti
basah-basahan dan senandung Islami, pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler
melalui: musisi muslim, pengrajin muslim, dan lain-lain; 3) evaluasi
impelementasi nilai karakter melalui evaluasi formatif berbentuk proyek dan
produk dan evaluasi sumatif dalam bentuk penampilan minat dan bakat, potensi
siswa serta rekam jejak sikap/perilaku siswa. | en_US |