dc.description.abstract | Pendidikan di Indonesia kini memiliki nilai yang tidak bisa di remehkan yang
memiliki daya saing dengan negara berkembang lainya, bahkan Indonesia memiliki cara
tersendiri dalam mengemban sebuah suptansi di dalam lembaga pendidikan, yang kini
dapat dilihat dari karakter anak-anak bangsa yang semakin hari semakin memperlihatkan
prestasi yang cemerlang. Pendidikan juga merupakan suatu faktor yang sangat penting
bagi kehidupan manusia, yang dapat meningkatkan sumber daya manusia yang unggul dan
berkualitas.
Pendidikan karakter dalam kegiatan belajar mengajar di kelas dilakukan secara
terintegrasi dalam semua mata pelajaran. Khusus untuk mata pelajaran Pendidikan Agama
dan Pendidikan Kewarganegaraan sesuai dengan misinya untuk mengembangkan nilai dan
sikap, pengembangan karakter harus menjadi fokus utama. Sedangkan untuk mata
pelajaran yang lain wajib mengembangkan rancangan pembelajaran berbasis pendidikan
karakter yang diintegrasikan ke dalam substansi mata pelajaran sehingga memiliki dampak
pengiring bagi berkembangnya. Karakter dalam diri peserta didik perlu dibina dan di didik
serta di arahkan, mereka juga harus membiasakan untuk memiliki karakter yang baik.
Salah satu bentuk perhatian pemerintah dalam usaha kegiatan pengembangan pendidikan
karakter ialah melalui kegiatan ekstrakurikuler di sekolah adalah dengan dikeluarkannya
Permendiknas Nomor 39 Tahun 2009 tentang pembinaan kesiswaan yang menyatakan
bahwa “ organisasi kesiswaan di sekolah berbentuk organisasi siswa intra sekolah (OSIS)
dan merupakan organisasi resmi di sekolah. OSIS merupakan sebuah organisasi yang bisa
menjadi tempat bagi siswa untuk belajar kepemimpinan dan demokrasi.”
Dari uraian di atas MTS Negeri Batu menyelenggarakan pembinaan kesiswaan
dengan memberi bekal dan kemampuan kepada siswa untuk mengembangkan potensi
siswa melalui organisasi ekstrakurikuler di sekolah selain bisa melalui pembelajaran
didalam kelas. Dengan melalui OSIS, yang diharapkan organisasi tersebut dapat membawa
perubahan pada diri siswa sebagai upaya untuk pengembangan karakter siswa. Di dalam
suatu organisasi siswa akan belajar berdemokrasi secara langsung walaupun dalam lingkup
yang masih terbatas namun untuk ukuran siswa sekolah menengah pertama yang masih
berusia remaja sudah cukup baik.
Dari hasil pra penelitian bahwa pembinaan dari karakter siswa melalui kegiatan
OSIS di MTs Negri Batu dapat di lihat dengan adanya perilaku sopan satun terhadap guru
dan karyawan, masuk sekolah 30 menit sebelum jam pembelajaran di mulai dan di
lanjutkan dengan sholat berjama’ah duha dari kelas 7-9 sambil menunggu jam masuk
kelas, teruntuk bagi siswi yang berhalangan tidak sholat di arahkan untuk membaca buku
bersama-sama di aula. Jika ada siswa yang terlambat wajib di hukum dengan memberi
sangsi atau poin yaitu denan mengerjakan solat di halaman sekolah Madrasah dengan
memakai pakaian bertandakan bahwa siswa itu telah terlambat dan tidak menikuti sholat
berjamaah duha di masjid. Banyaknya peraturan yang membuat peserta didik semakin di
siplin, dengan begitu siswa akan semakin terlatih menjadi pribadi yang lebih baik.
Di MTs Negri Batu juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap walaupun belum
menyeluruh, begitu juga dengan gedung yang megah, nayaman, bersih, jauh dari polusi dan
serba hijau. Masih ada juga tanaman-tanaman yang menjadi ciri has Madrasah sehigga
terlihat Madrasah yang lebih Sehat. Membuat siswa menjadi betah dan nyaman saat
pembelajaran berlangsung. Dari situ bisa dilihat dalam proses pembinaan karakter bahwa
siswa siswi di MTs Negri Batu sangatlah pantas untuk menjadi teladan dan contoh yang
baik. | en_US |