Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dengan Metode Qiraati dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Santri Kelas Finish di Taman Pendidikan Al-Qur’an Sabilillah Kota Batu

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Indasari, Fufut
dc.date.accessioned 2020-12-22T01:54:34Z
dc.date.available 2020-12-22T01:54:34Z
dc.date.issued 2020-07-20
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1103
dc.description.abstract Pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dengan metode Qiraati ini sistem dan cara mengajarnya terstruktur dari pusat hingga lembaga. Setiap gurunya wajib mengikuti pendidikan dan pelatihan terlebih dahulu, serta mendapatkan syahadah untuk dapat mengajar resmi menggunakan metode Qiraati. Pembinaan dilakukan secara berkala, setiap minggu di lembaga, tiga bulan sekali di koordinator wilayah dan setiap tahun di koordinator kecamatan untuk metodologi penyegaran. Selain metode ini dapat memudahkan anak dalam belajar baca tulis Al-Qur’an juga dapat meningkatkan kedisiplinan belajar, baik di lingkungan lembaga maupun di lingkungan rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dengan metode Qiraati dalam meningkatkan kedisiplinan belajar santri kelas finish di Taman Pendidikan Al-Qur’an Sabilillah Kota Batu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif, dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Studi kasus yang dilakukan oleh peneliti yaitu di kelas finish Taman Pendidikan Al-Qur’an Sabilillah Kota Batu. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data, peneliti menggunakan empat tahapan yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan dua model triangulasi, yaitu triangulasi teknik dan sumber. Perencanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dengan metode Qiraati dalam meningkatkan kedisiplinan belajar santri di kelas finish memiliki dua poin penting yaitu, pertama guru harus menguasai metode, teori dan materi secara keseluruhan mengenai metode Qiraati yang didapatkan melalui pembinaan metodologi, yang kedua yaitu sebelum melaksanakan pembelajaran guru harus mempersiapkan alat atau media pembelajaran yang akan digunakan dalam mengajar. Adapun media yang digunakan di kelas finish yaitu Al-Qur’an, materi gharib (ilmu-ilmu dan materi tajwid. Pelaksanaan pembelajaran baca tulis AlQur’an dengan metode Qiraati dalam meningkatkan kedisiplinan belajar santri di kelas finish dilakukan melalui pembelajaran yang jelas, tersistematis dan terstruktur melalui keteladanan yang diberikan oleh guru, pembiasaan maupun latihan-latihan kepada santri dengan mewajibkan santri datang tepat waktu dan melaksanakan vi murojaah mengenai hafalan surat-surat pendek dan doa sehari-hari, serta pendampingan orang tua dengan melalui buku pemantauan santri di rumah, sehingga menjadikan santri disiplin belajarnya, baik di lingkungan sekolah maupun di rumah. Penilaian pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dengan metode Qiraati dalam meningkatkan kedisiplinan belajar santri di kelas finish melalui penilaian secara tidak tertulis yaitu dengan diadakannya evaluasi bertahap, evaluasi harian yang dilakukan oleh guru setelah melaksanakan pembelajaran, evaluasi mingguan yang diadakan oleh lembaga bersama semua guru dan Kepala Taman Pendidikan Al-Qur’an dan evaluasi yang dilaksanakan langsung oleh koordinator kecamatan mengenai kesesuaian kualitas bacaan santri dengan metode Qiraati, sebelum santri melaksanakan Imtihan Akhir Santri di pusat wilayah. Dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dengan metode Qiraati dalam meningkatkan kedisiplinan belajar santri di kelas finish agar kiranya dapat mempertahankan tradisi yang sudah ada, karena ini merupakan pembiasaan yang positif, baik untuk santri, orang tua maupun guru itu sendiri. Bagi para guru untuk mempertahankan dan meningkatkan program yang telah berjalan sesuai dengan arahan dari pusat, yaitu perlunya pembukuan secara tertulis mengenai evaluasi yang dilakukan setiap harinya, agar guru dapat lebih optimal dalam mengukur kemampuan santri, serta selalu memberikan dukungan dan motivasi kepada para santri agar lebih disiplin dalam belajarnya. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an en_US
dc.subject Metode Qiraati en_US
dc.subject Kedisiplinan Belajar en_US
dc.title Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dengan Metode Qiraati dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Santri Kelas Finish di Taman Pendidikan Al-Qur’an Sabilillah Kota Batu en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account