Manajeman Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Digital di MIN 1 Kota Malang
Abstract
Dalam era digital saat ini, teknologi menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam setiap lini kehidupan. Bahkan dalam proses pembelajaran, teknologi digital menjadi penopang yang dapat membantu keberhasilan proses pembelajaran. MIN 1 Kota Malang, menjadi salah satu sekolah yang telah menerapkan pembelajaran berbasis teknologi digital, dan telah berhasil dalam pengimplementasiannya. Dalam keberhasilannya, tentunya ada peran manajemen yang baik, manajemen pembelajaran merupakan komponen penting dalam tercapainya keberhasilan pembelajaran. Penelitian ini mengkaji "Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Digital di MIN 1 Kota Malang". Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana teknologi digital diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Arab di MIN 1 Kota Malang, serta untuk menganalisis dampak dari penerapan teknologi ini terhadap proses pembelajaran. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran Bahasa Arab di MIN 1 Kota Malang telah memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Teknologi ini memungkinkan siswa untuk lebih aktif dan terlibat dalam proses belajar, serta memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran secara lebih efektif. meskipun terdapat tantangan, penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran Bahasa Arab di MIN 1 Kota Malang telah memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan kualitas pembelajaran.
Kata Kunci : Manajemen, Teknologi, Pembelajaran