Penerapan Media Kartu Bergambar Flash Card dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas VII di MTs An-Nur Bululawang Malang
Abstract
Pada era millenial ini bahasa Arab dipelajari dimana-mana dengan berbagai bentuknya baik itu diajarkan di lembaga formal ataupun informal. Dalam kurikulum yang apa pada sekolah-sekolah di Indonesia bahasa Arab mendapatkan tempat tersendiri terutama pada jenjang SMP atau SMA, hal ini menjadikan bahasa Arab menjadi bahasa asing yang tengah dipelajari setelah bahasa Inggris.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan media kartu bergambar dalam penguasaan kosakata bahasa Arab pada siswa kelas VII MTs An-Nur Bululawang Malang. Media kartu bergambar dipilih karena kemampuannya dalam meningkatkan minat dan efektivitas pembelajaran bahasa Arab, terutama dalam hal penguasaan kosakata (mufrodat). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan lapangan (field research) untuk mendapatkan data yang mendalam mengenai pengaruh media kartu bergambar terhadap kemampuan siswa dalam memahami dan menguasai kosakata bahasa Arab.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media kartu bergambar dalam pembelajaran bahasa Arab telah meningkatkan semangat, motivasi, dan antusiasme siswa dalam mempelajari kosakata bahasa Arab. Proses pembelajaran dengan menggunakan media kartu bergambar dilakukan melalui tiga tahapan: pendahuluan, inti, dan penutup. Pada tahap pendahuluan, stimulasi diberikan untuk menciptakan suasana belajar yang nyaman; pada tahap inti, pembacaan mufrodat dilakukan secara berulang; dan pada tahap penutup, siswa diberi kesempatan untuk mempraktikkan penguasaan kosakata secara bergiliran.
Kata Kunci: Media Kartu Bergambar, Penguasaan Kosakata