Penggunaan Strategi Drama dalam Pembelajaran Maharah Kalam pada Siswa Madrasah Tsanawiyah An Nur Bululawang Malang
Abstract
Strategi drama dinilai unik dalam meningkatkan penguasaan bahasa Arab. Ia tidak hanya mahir dalam percakapan, tetapi juga dalam penguasaan kosa kata yang cukup. keterampilan berbicara menuntut siswa untuk aktif dalam melatihnya, dan hal ini erat kaitannya dengan rasa percaya diri, karena berbicara memerlukan latihan yang baik dan benar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan strategi drama dalam maharah kalam pada siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah An Nur Bululawang Malang. Metode penelitian ini meliputi wawancara langsung, observasi terbuka, dan dokumentasi. Sumber data primer terdiri dari guru dan siswa, sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen terkait pembelajaran. Menggunakan teknik analisis data kualitatif untuk mengidentifikasi pola, membuat narasi, dan memverifikasi temuan melalui triangulasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi drama meningkatkan keterampilan berbicara siswa secara signifikan. Melalui kegiatan drama, siswa berlatih berbicara dengan kosa kata yang lebih luas, serta meningkatkan pengucapan dan intonasi. Kelebihan strategi drama antara lain: 1) meningkatkan keterampilan berbicara, 2) rasa percaya diri, 3) kreativitas, 4) pembelajaran selain menyenangkan dan menarik. Namun, ada beberapa kelemahannya: 1) perlunya waktu, 2) persiapan yang ekstensif, 3) tantangan dalam pengelolaan kelas, 4) dan beberapa siswa merasa tidak nyaman dengan drama tersebut.
Kata Kunci : Strategi Drama, Pembelajaran Maharah Kalam