Show simple item record

dc.contributor.authorNuresa, Rosi
dc.date.accessioned2020-12-22T02:00:33Z
dc.date.available2020-12-22T02:00:33Z
dc.date.issued2020-06-20
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1107
dc.description.abstractDi era Industri 4.0, proses pembelajaran tidak hanya dilakukan dalam ruang kelas. Tetapi pembelajaran dapat dilakukan dalam kondisi apapun, ditempat manapun, dan dengan siapa saja. Salah satu pembelajaran yang dapat dilakukan melalu analisis karya sastra yang bermutu dan memiliki unsur pembelajaran didalamnya. Pendidikan agama islam dapat diberikan dengan berbagai macam media pembelajaran. Saat ini materi pembelajaran agama islam banyak menyajikan video animasi untuk anak usia dini ataupun remaja. Karya sastra dapat dijadikan media alternatif dalam pembelajaran. Selain dengan menyajikan video, pendidik dapat menyajikan karya sastra yang memiliki pesan moral didalamnya. Peserta didik dapat menganalisis pesan moral yang terkandung dalam novel. Karya sastra yang digunakan dalam penelitian adalah novel pulang. Novel ini memiliki nilai-nilai pendidikan islam yang tertuang dalam teks. Novel ini berisikan tentang kisah seorang anak kampung yang memiliki nasib berbeda dengan orang tuanya. Kemudian ia mencari bagaimana hakikat pulang yang sebenarnya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan agama islam yang terkandung dalam novel pulang dan mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan islam yang terkandung dalam novel pulang karya tere liye pada kehidupan sehari-hari. Untuk mencapai tujuan di atas penelitian dilakukan dengan jenis penelitian library research. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi, yaitu menelusuri data histori dengan cara mengumpulkan data berupa buku, artikel, website, jurnal, blog di internet yang berkaitan dengan objek penelitian. Terdapat dua sumber data yang digunakan yaitu data primer berasal dari novel pulang karya tere liye, dan data skunder berasal dari buku yang relevan dengan pendidikan islam diantaranya buku-buku pustaka, jurnal pendidikan, penelitian terdahulu. Metode analisis data yang digunakan adalah menganalisis isi dari novel tersebut. Berdasarkan hasil temuan peneliti bahwasannya nilai-nilai pendidikan islam yang terkandung dalam novel pulang karya tere liye antara lain: 1) Nilai ilahiyah: a) iman kepada qada’ dan qadhar Allah, 2) Nilai insaniyah: a) patuh kepada orang tua, b) disiplin, c) sabar, d) memberi nasehat, e) optimis, f) tolong menolong, dan g) menjaga diri dari makanan dan minuman haram, h) dermawan. Implementasi dalam kehidupan sehari-hari adalah dapat mengimani kepada Allah dan dapat mengimani kepada qada’ dan qadhar yang diberikan Allah kepada hambanya, dapat mematuhi apa yang diperintahkan kedua orang tua, dapat menerapkan sikap disiplin, memiliki sikap sabar dalam menjalankan kehidupan, dapat saling memberikan nasehat dalam hal kebaikan, memiliki sikap optimis dan yakin dalam setiap ketetapan yang diberikan oleh Allah, dapat menolong sesame manusia jika memerlukan pertolongan, dapat menjaga diri kita dari makanan dan minuman yang haram dan dilarng oleh Allah dan memiliki sikap dermawan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectNilaien_US
dc.subjectNovel Pulangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.titleNilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Novel "Pulang" Karya Tere Liyeen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record