View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Engineering
  • UT - Civil Engineering
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Engineering
  • UT - Civil Engineering
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Analisis Peningkatan Kapasitas Ruas Jalan Menggunakan Konstruksi (HRS-Base) (Studi Kasus Jalan Kembur Paka-Nceang Kecamatan Borong Manggarai Timur)

Thumbnail
View/Open
Publish (1.306Mb)
Fulltext (14.74Mb)
Date
2025-01-30
Author
Rasyid, Deswita Maharani Abdul
Metadata
Show full item record
Abstract
Pembangunan dan pemeliharaan jalan merupakan aspek penting dalam mendukung mobilitas masyarakat serta perkembangan ekonomi di suatu daerah. Ruas jalan Kembur - Paka - Nceang, Kecamatan Borong, Manggarai Timur memiliki peran strategis dalam menghubungkan berbagai wilayah, namun saat ini mengalami kerusakan yang signifikan akibat peningkatan volume lalu lintas dan kondisi lingkungan. Untuk memastikan daya tahan dan kelayakan jalan tersebut, diperlukan analisis tebal perkerasan lentur yang sesuai dengan standar terkini. Penelitian ini menggunakan Manual Desain Perkerasan Jalan (MDPJ) 2024 sebagai metode utama dalam menentukan ketebalan perkerasan lentur yang optimal. Faktor- faktor seperti Lalu Lintas Harian Rata-rata (LHR), California Bearing Ratio (CBR), pertumbuhan lalu lintas, serta kondisi tanah dasar menjadi pertimbangan utama dalam proses perancangan. Hasil analisis menunjukkan bahwa ketebalan perkerasan lentur yang direkomendasikan untuk ruas jalan ini terdiri dari: • AC-WC (Asphalt Concrete Wearing Course): 40 mm • AC-BC (Asphalt Concrete Binder Course): 60 mm • AC-Base (Asphalt Concrete Base Course): 145 mm • Lapis Fondasi Atas (LPA) Kelas A: 300 mm Dengan perhitungan yang telah dilakukan, diharapkan desain ini mampu memberikan ketahanan terhadap beban lalu lintas serta faktor lingkungan seperti curah hujan yang tinggi. Penelitian ini juga menekankan pentingnya sistem drainase yang baik serta pemeliharaan rutin untuk memperpanjang umur layanan jalan. Melalui penerapan metode MDPJ 2024, hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pemerintah daerah dan pihak terkait dalam merancang serta meningkatkan kualitas infrastruktur jalan, sehingga mampu mendukung mobilitas dan aktivitas masyarakat secara lebih optimal. Kata Kunci : HRS-Base, flexible pavement, MDPJ 2024.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/11093
Collections
  • UT - Civil Engineering

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group