View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Implementasi Project Based Learning ‘’Bigbook Lingkungan Desa’’ Untuk Anak Usia Dini di RA Qurrota A’yun Dau

Thumbnail
View/Open
Publish (2.295Mb)
Fulltext (3.334Mb)
Date
2025-01-17
Author
Yuliana, Aris
Metadata
Show full item record
Abstract
Peran model pembelajaran dalam pendidikan sangatlah penting sebagai alat strategis yang dapat membantu pendidik merancang proses pembelajaran, pemilihan model pembelajaran sendiri menjadi perhatian khusus terutama lembaga pendidikan anak usia dini RA Qurrota A’yun yang telah mengimplementasikaan model pembelajaran project based learning untuk anak usia dini di kelompok B. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi model pembelajaran project based learning yang ada dilembaga tersebut. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang mengkaji tentang implementasi project based learning ‘’bigbook lingkungan desa’’ untuk anak usia dini di RA Qurrota A’yun, guna memahami lebih dalam tentang konsep desain, implementasi dan evaluasi dalam penerapan model pembelajaran PjBL terhadap kegiatan pembelajaran untuk anak usia dini di Kelompok B dengan menggunakan teori dari model Miles dan Humberman (2020: 133) yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil temuan di lembaga tersebut sesuai dengan hasil obesvasi dan wawancara yang dilakukan yakni adanya: 1) perencanaan yang sistematis dalam konsep desain implementasi, 2) langkah-langkah dalam pelakasanaan PjBL terdapat 6 sintak dan peran guru dalam pelaksanaan PjBL, 3) evaluasi yang dilakukan untuk meningkatkan model PjBL dalam kegiatan pembelajaran. Pada pembahasan peneliti menjabarkan mengenai apa saja tahapan 1) konsep desain PjBL di RA Qurrota A’yun, 2) langkah-langkah dalam implementasi PjBL, dan 3) evaluasi yang dilakukan dalam PjBL yang bertujuan untuk melihat keefektifan PjBL dalam pembelajaran dengan menggunakan format penilaian formatif dan portofolio. Dalam kesimpulan dijelaskan bahwa implementasi PjBL yang dilakukan di RA Qurrota A’yun terutama di Kelompok B telah sesuai dengan teori dari Kemendikbud mengenali implementasi PjBL. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Konsep Desain,Implementasi PjBL, Evaluasi Dalam Implementasi PjBL AUD
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/11138
Collections
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group