Show simple item record

dc.contributor.authorAmalia, Nur Riza
dc.date.accessioned2025-03-13T01:48:51Z
dc.date.available2025-03-13T01:48:51Z
dc.date.issued2024-11-25
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/11163
dc.description.abstractStrategi guru memiliki andil yang cukup besar dalam menanamkan sikap toleransi beragama pada peserta didik. Kemampuan peserta didik untuk memahami dan menghargai perbedaan agama dapat dipengaruhi oleh pemilihan strategi yang tepat sehingga tujuan pembelajaran tentang toleransi dapat tercapai. SMA Negeri 4 Malang sebagai contoh sekolah dengan peserta didik yang memiliki perbedaan gama harus aktif dalam membentuk sikap toleransi melalui strategi-strategi yang digunakan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk mendeskripsikan perencanaan strategi guru PAI dalam menanamkan sikap toleransi beragama pada peserta didik, untuk mendeskripsikan strategi guru PAI dalam menanamkan sikap toleransi beragama pada peserta didik, dan untuk mendeskripsikan hasil dari strategi guru PAI dalam menanamkan sikap toleransi beragama peserta di SMA Negeri 4 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi kasus dengan tempat penelitian di SMA Negeri 4 Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, data kondensasi, penyajian data, dan veryfing. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, ketekunan/keajegan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti mengenai “Strategi Guru PAI Dalam Menanamkan Sikap Toleransi Beragama Pada Peserta Didik Di SMA Negeri 4 Malang” adalah perencanaan strategi guru PAI dalam menanamkan sikap toleransi beragama pada peserta didik yaitu guru memberikan pemahaman dan contoh kejadian nyata terkait sikap toleransi beragama, memaksimalkan program-program sekolah, dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Pada strategi guru PAI dalam menanamkan sikap toleransi beragama yang digunakan adalah strategi pembiasaan dan strategi keteladanan. Sedangkan hasil dari strategi guru PAI dalam menanamkan sikap toleransi beragama peserta didik adalah pelaksanaan sholat wajib dan kegiatan keagamaan. Sikap saling menghargai, peserta didik mampu mengimplementasikan sikap toleransi baik terhadap lingkungan yang berbeda agama ataupun sama. Dengan hal, ini peserta didik berteman tanpa membeda-bedakan latar belakang suku, agama, ras, dan budaya. Sikap saling tolong menolong yang mana hal tersebut peserta didik dapat menerapkan sikap toleransi di sekolah dengan cara berperilaku baik di lingkungan sekolah pada semua warga dilingkungan sekolah. Kata Kunci: Strategi Guru, Menanamkan Sikap, Toleransi Beragamaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectStrategi Guruen_US
dc.subjectMenanamkan Sikapen_US
dc.subjectToleransi Beragamaen_US
dc.titleStrategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Sikap Toleransi Beragama pada Peserta Didik di SMA Negeri 4 Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record