Show simple item record

dc.contributor.authorNuriyah, Sinta
dc.date.accessioned2025-03-13T01:51:01Z
dc.date.available2025-03-13T01:51:01Z
dc.date.issued2024-09-01
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/11168
dc.description.abstractKontribusi adalah suatu keterlibatan yang lakukan oleh individua atau suatu lembaga yang memposisikan dirinya terhadap suatu peran kerjasama yang dapat memberikan nilai sosial maupun ekonomi. Projek penguatan profil pelajar pancasila merupakan salah satu hal yang baru dalam dunia pendidikan Pembelajaran berbasis projek kali ini berbeda dengan pembelajaran berbasis projek pada biasanya, penguatan dimensi profil pelajar pancasila yang menjadi tujuan utamanya. Mengambil peran untuk ikut serta melaksanakannya. Sesuai dengan hasil wawancara dan observasi penulis dengan Guru PAI di SMPN 9 Malang, penulis menemukan fenomena terkait pelaksanaan projek penguatan profil pelajar pancasila yang dilakukan di setiap akhir pekan semester. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : (1) Perencanaan P5 oleh guru PAI di SMPN 9 Malang. (2) Pelaksanaan P5 oleh guru PAI yang berkontribusi di SMPN 9 Malang. (3) Hasil dari P5 oleh Guru PAI yang berkontribusi di SMPN 9 Malang. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus di SMPN 9 Malang, maka dari itu penelitian ini diharapkan mampu mengungkapkan berbagai informasi yang terjadi di lapangan yang didukung dengan data-data yang telah diperoleh. Sehingga peneliti dapat menganalisis yang kemudian dapat di simpulkan sebagai hasil akhir dari penelitian. Hasil penelitian yang didapatkan: (1Membentuk kepala satuan tim fasilitator project P5 dengan dilaksanakan kegiatan project untuk seluruh kelas, merancang dimensi, menentukan tema apa yang akan di ambil, dan alokasi waktu project yang dilakukan di dalam kelas maupun di luar kelas, serta menyusun modul ajar sebagai pedoman alur pelaksanaan P5 serta merancang strategi pelaporan hasil project P5. (2), Guru berpedoman dengan modul ajar yang sudah disusun oleh tim fasilitator yang mencangkup tujuan, alur, pencapaian, dimensi dan elemen, cara penggunaan modul, alur tahapan project, serta rincian alur tahapan project dengan dilengkapi dengan asesmen sumatif peserta didik, yang meliputi: sikap gotong royong dan tanggung jawab. (3) Hasil dari P5 oleh guru PAI yang berkontribusi di SMPN 9 Malang yaitu yakni guru dapat melihat bagaimana peserta didik dalam menyelesaikan projek yang sedang mereka hadapi bagaimana cara peserta didik menyikapinya apa solusinya dan bagaimana cara peserta didil menyelesaikan itu semua. Dari situ guru dapat menilai sampai mana karakter peserta didik itu terlihat. Kata Kunci: Kontribusi, Guru PAI, P5.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectKontribusien_US
dc.subjectGuru PAIen_US
dc.subjectP5en_US
dc.titleKontribusi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMPN 9 Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record