dc.description.abstract | Keberagaman yang dialami oleh siswa sering kali menimbulkan konflik. Sehingga perlu adanya peran pendidikan agama islam berbasis multikultural untuk menumbuhkan jiwa toleransi dan empati, dan berakhlakul karimah sehingga para siswa dapat memiliki karakter yang berpemikiran / bersudut pandang yang luas dalam menyikapi suatu perbedaan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data sebagaimana teori dari Melis Huberman dan Saldan yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Kesimpulan dari penelitian implementasi PAI berbasis multikultural terhadap karakter siswa SMP Negeri 1 Dau kelas VII B meliputi 1) Rancangan dilakukan dengan menetapkan tujuan, materi, strategi pembelajaran, kerjasama guru, pelatihan guru, evaluasi, keterlibatan komunitas, umpan balik, evaluasi berkelanjutan. 2) Implementasinya dilakukan dengan mengintegrasikan nilai-nilai toleransi, empati, dan saling menghargai perbedaan, membiasakan siswa saling menghormati dan berkolaborasi dengan latar belakang yang berbeda, mendorong siswa terlibat diskusi dan presentasi, memberikan kesempatan berpendapat, pengalaman, dan perspektif, dan mencontohkan perilaku nilai multikultural. 3) faktor pendukung adanya peran orang tua dan peraturan sekolah. Sedangkan faktor penghambat kurangnya kesadaran diri siswa dan lingkungan.
Penelitian ini hanya terbatas pada kelas tertentu saja, sehingga perlu memperluas jangkauan agar penelitian ini semakin bermanfaat untuk banyak kalangan. Selain itu, penelitian hanya terbatas pada multicultural di lingkungan sekolah, sehingga perlu adanya pengembangan di lingkungan masyarakat, pondok pesantren dan lain sebagainya agar ilmu pengetahuan semakin berkembang.
Kata kunci: Kata kunci: Implementasi, Pendidikan Agama Islam, Multikultural, Karakter | en_US |