dc.description.abstract | Pendidikan merupakan bagian yang sangat penting dalam kehidupan manusia, karena dengan pendidikanlah manusia dapat membendakan mana hal yang baik, dan mana hal yang buruk dan juga memgetahui bagaimana cara berkehidupan bermasyarakat dan berbangsa. Pembentukan karakter seperti mengukir. Karakter merupakan suatu pola, baik itu berupa pikiran, perasaan, sikap, maupun tingkah laku yang melekat pada jiwa seseorang. Karakter toleransi sangat perlu ditanamkan pada anak sejak dini karena akan berpengaruh pada masa depan anak kelak.
Pada penelitian yang ditemukan di SMP Negeri 1 Dau Malang, dimana di lembaga pendidikan ini karakter peserta didiknya yang sangat beragam dan sudah menunjukkan adanya perkembangan karakter toleransi dilihat dari kegiatan pembiasaan sebelum dan saat pembelajara berlangsung, adanya sikap kemandirian, toleransi dan juga memiliki tanggung jawab yang baik dengan teman sesama peserta didik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis karakter toleransi pada peserta didik SMP Negeri 1 Dau Malang, strategi guru pendidikan agama islam dalam membentuk karakter toleransi pada peserta didik, dan kendala – kendala yang dihadapi oleh Guru PAI dalam menanamkan karakter toleransi pada peserta didik. Untuk mencapai penelitian tersebut peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan peneliti dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif.
Dalam penelitian ini, karakter toleransi peserta didik SMP Negeri 1 Dau Malang termasuk toleransi yang cukup baik dimana sudah hampir keseluruhan peserta didik berkarakter toleransi seperti: peserta didik mendengarkan teman yang sedang berbicara dengan seksama, bergaul dengan semua teman tanpa membeda-bedakannya, toleransi dalam bersikap, toleransi dalam beragama, walaupun terdapat beberapa peserta didik yang masih kurang kesadaranya dalam hal ketoleransian. Strategi yang dilakukan guru dalam pembentukan karakter toleransi pada peserta didik dengan menggunakan berbagai strategi yaitu: strategi keteladanan, pembiasaan, nasihat, cerita atau kisah. Kendala – kendala Guru PAI dalam menanamkan karakter toleransi pada peserta didik yaitu: kurangnya kesadaran diri pada peserta didik akan pentingnya toleransi dan lingkungan peserta didik.
Kata Kunci: Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Karakter Toleransi | en_US |