Show simple item record

dc.contributor.authorAlviana, Atik Qhoiriah
dc.date.accessioned2025-03-13T02:14:26Z
dc.date.available2025-03-13T02:14:26Z
dc.date.issued2024-10-25
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/11183
dc.description.abstractPembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis multikultural adalah salah satu model pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dikaitkan pada keragaman yang ada, entah itu keragaman agama, etnis, bahasa dan lain sebagainya. SMA Al-Rifa’ie Satu Gondanglegi Malang memiliki keberagaman diantara siswanya, adanya peserta didik yang tidak hanya berasal dari daerah sekitar Malang, namun peserta didik tersebut berasal dari beberapa daerah di luar Malang bahkan luar Jawa, yaitu berasal dari Bali, Kalimantan, dan Papua. Selain itu perbedaan dari segi banyak bahasa dari daerahnya masing-masing, hal ini mewarnai dari keragaman multikultural di SMA Al-Rifa’ie Satu Gondanglegi Malang. Adapun fokus penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran pendidikan agama islam berbasis multikultural pada Siswa SMA Al-Rifa’ie Satu Gondanglegi Malang?; 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam berbasis multikultural pada Siswa SMA Al-Rifa’ie Satu Gondanglegi Malang?; 3) Bagaimana hasil pembelajaran pendidikan agama islam berbasis multikultural untuk membentuk sikap toleransi pada Siswa SMA Al-Rifa’ie Satu Gondanglegi Malang?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang tentang: 1) Mendiskripsikan perencanaan pendidikan agama islam berbasis multikultural pada Siswa SMA Al-Rifa’ie Satu Gondanglegi Malang; 2) Mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam berbasis multikultural pada Siswa SMA Al-Rifa’ie Satu Gondanglegi Malang; 3) Mengetahui hasil pembelajaran pendidikan agama islam berbasis multikultural untuk membentuk sikap toleransi pada Siswa SMA Al-Rifa’ie Satu Gondanglegi Malang. Penelitian ini mengggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Sedangkan teknik penelitian yang digunakan meliputi: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan reduksi data, data display dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan datanya menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang didasarkan nilai multikultural di SMA Al-Rifa’ie Satu Gondanglegi Malang, dimulai dengan menganalisis capaian pembelajarana Pendidikan Agama Islam yang didasarkan nilai multikultural yang menitik beratkan pada elemen materi akhlak yang diintegrasikan dengan nilai-nilai multikultural. Sehingga mendapatkan tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran untuk memudahkan dalam pembuatan modul ajar sebagai perangkat pembalajaran. 2) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang didasarkan nilai multikultural dengan menggunakan strategi metode sosiodrama dan diskusi pada materi akhlak yang dintegrasikan dengan nilai-nilai multikultural, dan media cetak, media audiovisual serta media e-learning yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk membantu menyampaikan informasi dan memfasilitasi pembelajaran siswa. 3) Penilaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang berbasis multikultural di SMA Al-Rifa’ie Satu Gondanglegi Malang terfokus pada penilaian secara afektif, dimana pengukuran hasil belajar yang berkaitan dengan penanaman karakter peserta didik. Kata Kunci : Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Multikultural, Sikap Toleransien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islam (PAI)en_US
dc.subjectPendidikan Multikulturalen_US
dc.subjectSikap Toleransien_US
dc.titleImplementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural Pada Siswa SMA Al-Rifa’ie Satu Gondaglegi Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record