Show simple item record

dc.contributor.authorHasanah, Holifatul
dc.date.accessioned2025-03-13T02:14:37Z
dc.date.available2025-03-13T02:14:37Z
dc.date.issued2024-12-02
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/11187
dc.description.abstractPenelitian dalam skripsi ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pemanfaatan media Khoot di Sekolah Menengah Atas Al Rifa’ie bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dengan cara yang lebih interaktif dan menyenangkan. Penggunaan kahoot memungkinkan peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam kuis yang berbasis digital, sehingga memotivasi mereka untuk belajar lebihl antusias. Selain itu media ini membantu guru dalam menyampaikan materi dengan cara yang lebih inovatif sehingga dapat menarik perhatian peserta didik dan mempermudah pemahaman konsep-konsep yang di ajarkan. Dari latar belakang penelitian di atas maka peneliti merumuskan beberapa masalah, yaitu, bagaimana langkah-langkah pengunaan media kahoot dalam proses pembelajaran, bagaimana proses implimentasi media kahoot dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik serta apa implikasi dari implimentasi media kahoot terhadap proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis langkah-langkah aplikasi media kahoot dalam proses pembelajaran, proses implimentasi aplikasi media kahoot dalam meningkatkan motivasi belajar, serta implikasi implimentasi aplikasi media kahoot dalam meningkatkan motivai belajar di SMA Al Rifa’ie Kabupaten Malang. Untuk mencapai tujuan di atas, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif, karena memperoleh informasi secara rinci dan lengkap dengan melalui perolehan data yang tertulis atau pun lisan dari beberapa narasumber. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi untuk mengamati, wawancara untuk mendapatkan informasi lisan dari narasumber serta dokumentasi untuk mencari data yang relevan dengan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, yang didapatkan adalah: 1) Langkah-langkah penggunaan mediakahoot dalam pembelajaran berjalan dengan baik di tujukan melalui pemahaman yang mendalam tentang aplikasikahoot persiapan guru sebelum menggunakanya, serta pemahaman peserta didik terhadap alur pengunaan kahoot yang terstruktur dan mudah diikuti. 2) Implimentasi kahoot terbukti mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui pemanfaatan fitur-fitur yang ada. Guru tidak hanya sekedar menggunakan kahoo, tetapi juga memaksimalkan fitur-fiturnya untuk pembelajaran yang lebih menarik. Selain itu mekanisme pengunaan kahoot yang efektif dan relevan dalam konteks pembelajaran memudahkan guru dalam membuat dan mengelolai kuis yang sesuai dengan materi ajar. 3) Pelatihan pemanfaatan media kahoot di sekolah menegah atas Al Rifa’ie berhasil meningkatkan keterampilan dan pemahaman guru dalam merancang kuis serta aktivitas berbasis game. Pe;atihan ini mendorong kreativitas guru untuk menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif, menarik dan efektif sehinggah siap mengimplimentasikan kahoot dalam pembelajaran pendidikan agama Islam untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan motivasi belajar peserta didik. Kata Kunci: Implementasi, Media kahoot, Minat Belajar PAIen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectMedia kahooten_US
dc.subjectMinat Belajar PAIen_US
dc.titleImplementasi Pemanfaatan Media Kahoot dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas Al-Rifa’ie Gondanglegi Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record