Show simple item record

dc.contributor.authorFitriyah, Lativatul
dc.date.accessioned2025-03-14T02:56:55Z
dc.date.available2025-03-14T02:56:55Z
dc.date.issued2024-08-23
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/11268
dc.description.abstractPendidikan adalah salah satu faktor utama yang harus ditingkatkan kualitasnya sepanjang waktu. Untuk meningkatkan pendidikan yaitu dengan meningkatkan hasil pembelajaran. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas tersebut diperlukannya sebuah media untuk menunjang keberhasilan. Salah satu media yang dapat digunakan yaitu media strip story. Media strip story yaitu sebuah media pembelajaran yang menekankan pada aktivitas siswa melalui potongan-potongan kertas yang harus disusun dan ditempel. Tujuan penelitian ini untuk 1) untuk mengetahui hasil belajar siswa kedua kelas yang penggunaan media pembelajaran strip story terhadap dan tidak menggunakan media pembelajaran strip story pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas V SD Islam Terpadu Iqro’ Karangploso. 2) untuk membuktikan adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran strip story terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas V SD Islam Terpadu Iqro’ Karangploso. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi experiment. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah semua kelas V SD Islam Terpadu Iqro’ Karangploso Kabupaten Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes (prettest dan posttest). Analisis data menggunakan uji hipotesis t test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) uji posttest setelah pemberian perlakuan berupa media strip story pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata kelas 94,50 dan untuk kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata kelas 83.00, dari hasil tersebut menunjukkan adanya perbedaan terhadap hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. 2) hasil uji hipotesis dengan bantuan IMB SPSS versi 25 nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan media pembelajaran strip story terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas V SD Islam Terpadu Iqro’ Karangploso Malang. Kata kunci: Strip Story, Hasil Belajar Al-Qur’an Hadisen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectStrip Storyen_US
dc.subjectHasil Belajar Al-Qur’an Hadisen_US
dc.titlePengaruh Media Pembelajaran Strip Story Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas V SD Islam Terpadu Iqro’ Karangplosoen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record