Show simple item record

dc.contributor.authorLestari, Alya
dc.date.accessioned2025-03-14T02:57:03Z
dc.date.available2025-03-14T02:57:03Z
dc.date.issued2024-08-23
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/11270
dc.description.abstractModel pembelajaran yang dilaksanakan tanpa adanya inovasi dan kreasi seorang guru adalah salah satu faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini dikarenakan seorang guru yang lebih memilih menggunakan metode konvensional dalam kegiatan pembelajaran, sehingga membuat siswa kurang bersemangat untuk menerima materi yang disampaikan dan pada akhirnya siswa kurang mampu menyerap materi yang telah dipelajarinya,. Khususnya pada pembelajaran tematik yang mana mencangkup beberapa materi yang dikonsep menjadi satu bab untuk sebuah pembelajaraan. oleh karena itu seorang guru harus lebih inovatif dan kreatif dalam proses pembelajaran supaya suasana kelas lebih menyenangkan dan kondusif. Salah satu cara yang dapat digunak dalam pembelajaran yakni dengan menggunakan model pembelajaran dalam penyampaikan materi ajar. Sama dalam penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran tematik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa dan mengetahui hasil belajar siswa saat menggunakan model pembelajaran problem based learning Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperiment design dengan desain penelitian nonequivalent group posttest only design. Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas III MI Khadijah Malang dengan jumlah 112 siswa. Teknik penggunaan sampel pada penelitian ini menggunakan simple random sampling, yakni kelas III-A dan III-B sebanyak 56 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain instrumen tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar. Soal tes hasil belajar yang digunakan sebanyak 30 soal berbentuk pilihan ganda dan setelah melalui proses uji validitas, terdapat 26 soal yang valid dengan kata lain instrument ini layak untuk di gunakan tes hasil belajar dalam penelitian ini.Akan tetapi peneliti hanya menggunakan 20 soal untuk kegiatan posttest. Teknik analisis data yang digunakan uji instrumen ialah uji validitas dan uji realibilitas, uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas dan untuk uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-Test dengan menggunakan alat bantu aplikasi IBM SPSS Stasistics 25. Hasil dalam penelitian ini, memberikan hasil bahwa adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning. Dibuktikan melalui hasil belajar siswa lebih tinggi dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dari pada hanya menggunakan model pembelajaran Konvesional yang dibuktikan dengan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning menunjukkan nilai rata-rata 81,07 sedangkan menggunakan model pembelajaran konvesional memiliki nilai rata-rata 64,44. Berdasarkan bukti hasil uji hipotesis pada nilai postestdidapatkan denn nilai thitung>ttabel (4,748> 1,67411).Berdasarkan hasil analisis data melalui uji statistik menggunakan hasil belajar siswa dalam uji Independent Sample T-Test dengan hasil menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa hipotesis dinyatakan benar dan terdapat pengaruh yang signifikan (H_(0 )ditolak dan H_a diterima). Berdasarkan analisis data yang telah dilaksanakn sesuai dengan rumusan masalah dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas III MI Khadijah Malang. Dengan adannya bukti bahwa melalui uji statistik menunjukkan hasil signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 dapat diartikan adanya pengaruh yang signifikan dan H_(0 )ditolak dan H_a diterima. Kata kunci: Model Pembelajaran, Problem Based Learning. Tematiken_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.subjectProblem Based Learningen_US
dc.subjectTematiken_US
dc.titlePengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas 3 MI Khadijah Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record