Show simple item record

dc.contributor.authorHidayati, Rina Wahyu
dc.date.accessioned2020-12-22T03:02:23Z
dc.date.available2020-12-22T03:02:23Z
dc.date.issued2020-07-10
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1128
dc.description.abstractPenelitian ini dilatar belakangi oleh kurang maksimalnya motivasi belajar anak dalam pembelajaran kognitif di RA Miftahul Huda Tajinan. Anak yang berkriteria tuntas dalam peningkatan motivasi pembelajaran kognitif hanya 50%. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode bermain balok dalam pembelajaran kognitif pada anak usia dini kelompok A di RA Miftahul Huda Tajinan Malang dan mendeskripsikan penerapan metode bermain balok dapat meningkatkan motivasi belajar kognitif pada anak usia dini kelompok A di RA Miftahul Huda Tajinan Malang. Metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas, dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart didalam satu siklus terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Satu siklus dilaksanakan sehari dengan subyek penelitian ada 20 anak kelompok A (9 anak laki-laki dan 11 anak perempuan) di RA Miftahul Huda Malang. Uintuk teknik pengumpulan data menggunakan 3 metode yaitu metode observasi (pengumpulan data dilakukan sendiri dan dibantu guru kelas), metode dokumentasi (berupa RPPH, buku penilaian, buku absen, foto), metode wawancara dengan guru kelompok A. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu dokumentasi yang berupa catatan hasil belajar anak, buku penilaian, lembar observasi serta pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan 4 tahap yaitu reduksi data (meringkas data-data yang ada di bab IV), penyajian data (data yang diringkas dalam bentuk laporan dianalisis), verifikasi data, serta kesimpulan data untuk mempermudah pengecekan keabsahan data (terdiri dari ketekunan pengamatan, triangulasi, pengecekan sejawat). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motiva si belajar anak melalui pembelajaran kognitif dengan metode bermain balok. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata persentase kemampuan pembelajaran kognitif anak pada saat pra siklus 50% jumlah anak yang tuntas 10 anak. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata persentase 65% dengan jumlah anak yang tuntas 13 anak. Dan hasil rata-rata persentase siklus II sebesar 90% dengan jumlah anak yang tuntas 18 anak. Nilai rata-rata persentase anak dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Nilai rata-rata persentase ketuntasan anak kelompok A di RA Miftahul Huda Tajinan Malang melalui pembelajaran kognitif dengan metode bermain balok adalah sebesar 50% pada pra siklus, 65% pada siklus I, dan sebesar 90% pada siklus II.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Anak Usia Dinien_US
dc.subjectPeningkatan Motivasi Anaken_US
dc.subjectPembelajaran Kognitifen_US
dc.subjectMetode Bermain Baloken_US
dc.titleUpaya Peningkatan Motivasi Belajar Anak Kelompok melalui Pembelajaran Kognitif dengan Metode Bermain Balok di RA. Miftahul Huda Tajinan Malangen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record