dc.description.abstract | Lia Mukhromah Indriani. Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang. 29 Januari 2024.
Pengaruh Video Clinical Skill Learning (CSL) Terhadap Nilai Objective Structured Clinical Examination (OSCE) Dan Nilai Blok Pediatri Mahasiswa Pre-Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang. Pembimbing I: dr. Hj. Rizki Anisa, M.Med.Ed. Pembimbing II: dr. Yeni Amalia, Sp.A., M. Biomed.
Pendahuluan: Pembelajaran Clinical Skill Learning (CSL) pada fase pre klinik memiliki kendala berupa perbedaan pengajar dalam penyampaian urutan tindakan atau prosedur pemeriksaan dan keterbatasan waktu pembelajaran. Video ajar pada pembelajaran CSL diharapkan menjadi solusi masalah tersebut khususnya pada CSL resusitasi neonatus, namun efektivitas pemberiannya di FK UNISMA belum diketahui sehingga perlu diteliti.
Metode: Penelitian Quasi Eksperimental secara cross sectional dengan one group pretest postest dilakukan pada 85 mahasiswa FK UNISMA. Responden diberikan prestest CSL resusitasi neonatus dilanjutkan pemberian video CSL dan posttest. Keberhasilan belajar diukur secara kognitif dengan nilai pretest-postest dan nilai blok pediatri sedangkan kemampuan keterampilan klinik diukur dengan rubrik penilaian pada ujian Objective Structured Clinical Examination (OSCE). Data dianalisa dan p< 0,05 signifikan.
Hasil: Hasil rata-rata pretest 53,17 ± 21,33 dan meningkat saat posttest menjadi 88,47 ± 20,22 (p=0,000). Nilai OSCE rata-rata 81,84 ± 13,74 dan nilai blok rata-rata 77,80 ± 5,76. Hasil uji regresi linier pada pretest terhadap nilai OSCE adalah r2 0,02, p 0,201, terhadap nilai blok adalah r2 0,015, p 0,263, sedangkan posttest terhadap nilai OSCE adalah r2 0,027, p 0,126, dan terhadap nilai blok adalah r2 0,031, p 0,109. Hal ini menunjukkan bahwa video ajar CSL berperan pada nilai pretest dan postest namun tidak pada nilai OSCE dan nilai blok yang diduga terjadi karena faktor lain seperti kesiapan mahasiswa menghadapi ujian yang kurang.
Simpulan: Pemberian video ajar pada CSL tidak berhubungan dengan nilai OSCE dan nilai blok mahasiswa kedokteran.
Kata Kunci: Clinical skill learning, video ajar, nilai OSCE, nilai blok. | en_US |