View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Medicine
  • UT - Medical Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Medicine
  • UT - Medical Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengaruh Video Clinical Skill Learning (Csl) Terhadap Nilai Objective Structured Clinical Examination (Osce) dan Nilai Blok Pediatri Mahasiswa Pre-Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang

Thumbnail
View/Open
fulltext (12.57Mb)
publish (1.996Mb)
Date
2024-02-28
Author
Lia, Mukhromah Indriani
Metadata
Show full item record
Abstract
Lia Mukhromah Indriani. Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang. 29 Januari 2024. Pengaruh Video Clinical Skill Learning (CSL) Terhadap Nilai Objective Structured Clinical Examination (OSCE) Dan Nilai Blok Pediatri Mahasiswa Pre-Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang. Pembimbing I: dr. Hj. Rizki Anisa, M.Med.Ed. Pembimbing II: dr. Yeni Amalia, Sp.A., M. Biomed. Pendahuluan: Pembelajaran Clinical Skill Learning (CSL) pada fase pre klinik memiliki kendala berupa perbedaan pengajar dalam penyampaian urutan tindakan atau prosedur pemeriksaan dan keterbatasan waktu pembelajaran. Video ajar pada pembelajaran CSL diharapkan menjadi solusi masalah tersebut khususnya pada CSL resusitasi neonatus, namun efektivitas pemberiannya di FK UNISMA belum diketahui sehingga perlu diteliti. Metode: Penelitian Quasi Eksperimental secara cross sectional dengan one group pretest postest dilakukan pada 85 mahasiswa FK UNISMA. Responden diberikan prestest CSL resusitasi neonatus dilanjutkan pemberian video CSL dan posttest. Keberhasilan belajar diukur secara kognitif dengan nilai pretest-postest dan nilai blok pediatri sedangkan kemampuan keterampilan klinik diukur dengan rubrik penilaian pada ujian Objective Structured Clinical Examination (OSCE). Data dianalisa dan p< 0,05 signifikan. Hasil: Hasil rata-rata pretest 53,17 ± 21,33 dan meningkat saat posttest menjadi 88,47 ± 20,22 (p=0,000). Nilai OSCE rata-rata 81,84 ± 13,74 dan nilai blok rata-rata 77,80 ± 5,76. Hasil uji regresi linier pada pretest terhadap nilai OSCE adalah r2 0,02, p 0,201, terhadap nilai blok adalah r2 0,015, p 0,263, sedangkan posttest terhadap nilai OSCE adalah r2 0,027, p 0,126, dan terhadap nilai blok adalah r2 0,031, p 0,109. Hal ini menunjukkan bahwa video ajar CSL berperan pada nilai pretest dan postest namun tidak pada nilai OSCE dan nilai blok yang diduga terjadi karena faktor lain seperti kesiapan mahasiswa menghadapi ujian yang kurang. Simpulan: Pemberian video ajar pada CSL tidak berhubungan dengan nilai OSCE dan nilai blok mahasiswa kedokteran. Kata Kunci: Clinical skill learning, video ajar, nilai OSCE, nilai blok.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/11307
Collections
  • UT - Medical Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group