View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Medicine
  • UT - Medical Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Medicine
  • UT - Medical Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengaruh Lama Paparan dan Tingkat Volume Piranti Dengar Terhadap Konsentrasi Belajar dan Performa Akademik Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang

Thumbnail
View/Open
publish (1.728Mb)
fulltext (2.945Mb)
Date
2024-02-21
Author
Dyah, Melati Anggraeni
Metadata
Show full item record
Abstract
Dyah Melati Anggraeni, Fakultas Kedokteran Universits Islam Malang, Februari 2024. Pengaruh Lama Paparan dan Tingkat Volume Piranti Dengar Terhadap Konsentrasi Belajar dan Performa Akademik Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang. Pembimbing 1 : drh. M. Zainul Fadli. Pembimbing 2 : dr. Fifin Pradina Duhitatrissari. Pendahuluan : Proses pembelajaran Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang sebagian masih dilaksanakan secara daring dengan durasi lebih dari 1 jam sehingga memungkinkan mahasiswa menggunakan piranti dengar dengan waktu lama. Penggunaan piranti dengar dengan volume tinggi dan penggunaan yang lama dapat berpengaruh terhadap kinerja otak yang menyebabkan adanya gangguan perhatian, sehingga tidak dapat memahami apa yang sedang dipelajari. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional dengan teknik purposive sampling. Data lama paparan dan tingkat volume piranti dengar didapatkan melalui kuesioner yang dibuat dan dimodifikasi dari penelitian Hamzah. Kuesioner konsentrasi dibuat dan dimodifikasi mengambil acuan jurnal Li & Yang, 2016, study skills assesement questionnaire pada section concentration and memory dan motivated strategies for learning questionnaire (MSLQ) dan Nilai IPK untuk data performa akademik. Analisa data menggunakan uji regresi logistik ordinal dengan SPSS 26.0 Hasil dan Pembahasan : Hasil uji regresi logistik didapatkan lama paparan bepengaruh pada konsentrasi belajar (P < 0,05) sedangkan tingkat volume tidak berpengaruh (P > 0,05). Pada hasil uji regresi logistik performa akademik didapatkan lama paparan dan tingkat volume berpengaruh terhadap performa akademik (P < 0,05) Kesimpulan : Lama paparan berpengaruh signifikan terhadap konsentrasi belajar dan performa akademik, sedangkan tingkat volume berpengaruh signifikan terhadap performa akademik, tetapi tidak berpengaruh signifikan pada konsentrasi belajar Kata Kunci : Piranti dengar, lama paparan, tingkat volume, konsentrasi belajar, performa akademik
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/11308
Collections
  • UT - Medical Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group