Show simple item record

dc.contributor.authorJati, Shindu Purnama
dc.date.accessioned2025-03-22T02:25:35Z
dc.date.available2025-03-22T02:25:35Z
dc.date.issued2024-07-30
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/11451
dc.description.abstractKebisingan knalpot pada kendaraan bermotor telah menjadi salah satu masalah lingkungan yang signifikan, mempengaruhi kesehatan manusia dan lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem monitoring kebisingan knalpot pada kendaraan bermotor menggunakan pendekatan berbasis Fuzzy Mamdani. Sesuai dengan aturan yang berlaku, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan, batasan suara untuk mobil dan motor adalah maksimal 80 desibel (dB) pada kecepatan 20 km/jam dan 55 km/jam. Di atas kecepatan 55 km/jam, batasan suara kendaraan maksimal adalah 89 dB. Alat ini dirancang menggunakan komponen utama berupa ESP32, sensor INMP441 MEMS – I2S untuk mengukur tingkat kebisingan, sensor infrared untuk mengukur kecepatan dan mendeteksi keberadaan kendaraan, serta LCD OLED untuk menampilkan informasi hasil monitoring. Selain itu, aplikasi BLYNK digunakan untuk memantau data secara real – time dari jarak jauh. Metode fuzzy mamdani digunakan untuk mengolah data sensor kebisingan knalpot dan sensor infrared guna menghasilkan keluaran yang tepat dalam bentuk tingkat kebisingan yang terukur. Dengan pendekatan ini, sistem mampu memberikan informasi yang akurat tentang tingkat kebisingan kendaraan bermotor di lingkungan sekitar. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem dapat diandalkan dan memberikan informasi yang akurat dan relevan. Seperti variasi pada Waktu Tempuh, Kecepatan, dan Sensor INMP441 (dB) memiliki pengaruh signifikan terhadap tingkat kebisingan. Dan sistem fuzzy dapat digunakan untuk menentukan tingkat pelanggaran berdasarkan kombinasi nilai-nilai input. Serta pemahaman tentang bagaimana masing-masing variabel berkontribusi terhadap kebisingan dapat membantu dalam mengoptimalkan sistem untuk mengurangi tingkat kebisingan. Dengan begitu penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam upaya mengurangi dampak negatif kebisingan knalpot kendaraan bermotor terhadap lingkungan dan kesehatan manusia. Selain itu, pengembangan sistem monitoring ini juga dapat menjadi dasar untuk implementasi kebijakan yang lebih efektif dalam pengendalian kebisingan knalpot kendaraan bermotor di masyarakat. Kata kunci: Kebisingan knalpot, Fuzzy mamdani, ESP32, Sensor INMP441 MEMS I2S, Aplikasi BLYNK.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectKebisingan knalpoten_US
dc.subjectFuzzy mamdanien_US
dc.subjectESP32en_US
dc.subjectSensor INMP441 MEMS I2Sen_US
dc.subjectAplikasi BLYNKen_US
dc.titleSistem Monitoring Kebisingan Knalpot Pada Kendaraan Bermotor Berbasis Fuzzy Mamdanien_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record