View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Engineering
  • UT - Electrical Engineering
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Engineering
  • UT - Electrical Engineering
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Sistem Monitoring Kebisingan Knalpot Pada Kendaraan Bermotor Berbasis Fuzzy Mamdani

Thumbnail
View/Open
Publish (1.973Mb)
Fulltext (4.534Mb)
Date
2024-07-30
Author
Jati, Shindu Purnama
Metadata
Show full item record
Abstract
Kebisingan knalpot pada kendaraan bermotor telah menjadi salah satu masalah lingkungan yang signifikan, mempengaruhi kesehatan manusia dan lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem monitoring kebisingan knalpot pada kendaraan bermotor menggunakan pendekatan berbasis Fuzzy Mamdani. Sesuai dengan aturan yang berlaku, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan, batasan suara untuk mobil dan motor adalah maksimal 80 desibel (dB) pada kecepatan 20 km/jam dan 55 km/jam. Di atas kecepatan 55 km/jam, batasan suara kendaraan maksimal adalah 89 dB. Alat ini dirancang menggunakan komponen utama berupa ESP32, sensor INMP441 MEMS – I2S untuk mengukur tingkat kebisingan, sensor infrared untuk mengukur kecepatan dan mendeteksi keberadaan kendaraan, serta LCD OLED untuk menampilkan informasi hasil monitoring. Selain itu, aplikasi BLYNK digunakan untuk memantau data secara real – time dari jarak jauh. Metode fuzzy mamdani digunakan untuk mengolah data sensor kebisingan knalpot dan sensor infrared guna menghasilkan keluaran yang tepat dalam bentuk tingkat kebisingan yang terukur. Dengan pendekatan ini, sistem mampu memberikan informasi yang akurat tentang tingkat kebisingan kendaraan bermotor di lingkungan sekitar. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem dapat diandalkan dan memberikan informasi yang akurat dan relevan. Seperti variasi pada Waktu Tempuh, Kecepatan, dan Sensor INMP441 (dB) memiliki pengaruh signifikan terhadap tingkat kebisingan. Dan sistem fuzzy dapat digunakan untuk menentukan tingkat pelanggaran berdasarkan kombinasi nilai-nilai input. Serta pemahaman tentang bagaimana masing-masing variabel berkontribusi terhadap kebisingan dapat membantu dalam mengoptimalkan sistem untuk mengurangi tingkat kebisingan. Dengan begitu penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam upaya mengurangi dampak negatif kebisingan knalpot kendaraan bermotor terhadap lingkungan dan kesehatan manusia. Selain itu, pengembangan sistem monitoring ini juga dapat menjadi dasar untuk implementasi kebijakan yang lebih efektif dalam pengendalian kebisingan knalpot kendaraan bermotor di masyarakat. Kata kunci: Kebisingan knalpot, Fuzzy mamdani, ESP32, Sensor INMP441 MEMS I2S, Aplikasi BLYNK.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/11451
Collections
  • UT - Electrical Engineering

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group